by

KMP Banus 02 Operasi, Kemenhub Subsidi 2,2Miliar di 2020, 14M 2021

-Maluku-70 views

AMBON,MRNews.com,- Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Bahtera Nusantara 02 bantuan pemerintah pusat untuk pemerintah provinsi Maluku hari ini resmi dioperasikan.

KMP yang dikerjakan selama dua tahun itu nantinya akan dikelola oleh Perusahaan Daerah (PD) Panca Karya pimpinan Rusdi Ambon.

Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setyadi mengaku, untuk mendukung beroperasinya kapal tersebut sesuai harapan, pihaknya telah alokasikan Rp. 2.2 milyar untuk subsidi bagi penumpang dan kendaraan selama 2 bulan hingga Desember 2020

Sedangkan untuk keberlangsungan KMP ini, Kemenhub melalui Ditjen Perhubungan Darat juga sudah menyiapkan di tahun 2021 untuk subsidi sekitar 14 milyar. Sehingga diharapkan PD Panca Karya bisa mengelola secara baik dan benar tanpa perlu khawatir.

“KMP Bahtera Nusantara 02 dibangun selama 2 tahun secara multi kontrak dari 2018 sampai 2019, dengan alokasi anggaran sekitar 89 milyar,” terang Dirjen saat peresmian KMP Bahtera Nusantara 02 di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, Selasa (3/11/20).

Menurut Dirjen, kapal dengan panjang 71 meter, lebar 14 meter dengan bobot 1500 GT (Gross Ton) yang akan melayari rute Ambon-Banda -Tual tersebut dapat mengangkut penumpang sekitar 380 orang dan sekitar 60 kendaraan campuran.

“Mudah-mudahan adanya KMP ini minat masyarakat dari Ambon untuk berkunjung ke Banda bisa lebih banyak sehingga kehidupan pariwisata disana bisa tumbuh dengan baik,” beber Budi.

Gubernur Maluku Murad Ismail menambahkan, keberadaan KMP Bahtera Nusantara 02 merupakan salah satu sarana penghubung antar pulau, karena mempunyai keunggulan dalam mobilisasi orang, dan barang dalam jumlah besar serta biaya yang relatif lebih murah dibanding angkutan darat maupun udara.

“Hingga kini masih banyak wilayah di Maluku yang belum terlayani transportasi laut sepenuhnya. Karena itu Maluku masih butuhkan KMP dengan ukuran GT besar seperti KMP Bahtera Nusantara 02 ini agar konektifitas antar wilayah bisa terhubung dan mempermudah perekonomian masyarakat dan pembangunan,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed