by

Kick Off, 40 Orang Bakal Vaksinasi di RSUP Leimena

AMBON,MRNews.com,- Sebanyak 40 orang bakal menjalani vaksinasi Covid-19 tahap pertama di RSUP dr Leimena-Ambon pada 15 Januari mendatang saat kick off atau pencanangan vaksinasi. Hal itu diakui juru bicara (Jubir) vaksinasi Covid-19 pemerintah provinsi Maluku Dony Rerung.

Menurutnya, di Maluku vaksinasi Covid-19 serentak pada 15 Januari. Dimana prosesnya nanti akan dilakukan di RSUP dr Leimena, dimulai jam 9 pagi hingga selesai dengan peserta yang akan divaksin sekitar kurang lebih 40 orang.

“Didapat gambaran ada tiga kelompok saat kick off. Dari kelompok pemerintahan atau pejabat publik, kemudian asosiasi kesehatan dan pemuka agama atau tokoh masyarakat,” tandas Rerung kepada awak media di lantai VI kantor Gubernur Maluku, Selasa (12/1/21).

Untuk mengatur alur proses vaksinasi nanti, kata Rerung, pihaknya menyiapkan empat (4) meja. Meja pertama untuk mengambil data-data, masuk meja kedua itu skrining dilakukan.

Skrining dalam bentuk anaknese maupun dalam bentuk checklist pertanyaan yang kaitannya dengan proses itu.

“Apakah dia memenuhi syarat atau tidak. Karena nanti itu akan di-input lagi ke P-Care. Kalau dia tidak memenuhi syarat nanti dia akan secara otomatis tidak bisa dilanjutkan pada meja ketiga untuk proses vaksinasi,” jelasnya.

Sementara meja ke-4, lanjut Rerung, akan melayani yang sudah selesai divaksin, data diinput termasuk vaksinator akan mengeluarkan hasil vaksinasinya dalam bentuk surat keterangan yang menyatakan telah divaksin.

“Sekaligus mengevaluasi 30 menit pasca vaksinasi untuk memantau kondisi yang bersangkutan sekaligus edukasinya disitu,” tukasnya.

Disinggung soal janji Gubernur Maluku siap divaksin pertama apakah nanti yang bersangkutan akan ikut, Rerung belum bisa pastikan.

“Kita harapkan pada proses itu pa Gubernur ada. Karena beliau pasti akan menyaksikan itu. Meskipun misalnya kalau tidak sampai tervaksinasi karena faktor usia atau faktor lain, itu soal nanti. Tapi pasti beliau akan ada,” pungkasnya. (MR-02)

====✓✓====

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed