by

Kesiapan Prokes & Vaksinasi Syarat Dibukanya Tempat Karaoke

AMBON,MRNews.com,- Kesiapan penerapan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 dan telah dilakukannya vaksinasi oleh seluruh pelaku usaha serta pegawai menjadi syarat utama dibukanya kembali tempat karaoke dimasa Pandemi Covid-19.

Untuk memastikan kedua hal itu dilakukan, tim satuan tugas (Satgas) percepatan penanganan Covid-19 kota Ambon akan verifikasi langsung ke lapangan pada seluruh tempat karaoke.

Koordinator bidang sosial budaya Satgas Covid-19 Kota Ambon Rico Hayat mengaku, vaksinasi adalah langkah awal. Buka dan tidaknya, sesuai hasil verifikasi Satgas dilapangan soal kesiapan tempat karaoke.

“Meski petugas karaoke telah divaksinasi, tak berarti operasi. Kesiapan tempat usaha menjadi alasan kembalinya dibuka. Memang vaksin wajib, supaya aman. Tapi belum tentu dibuka, tergantung hasil verifikasi,” ungkap Hayat via seluler, Senin (26/4).

Dalam waktu dekat kata Rico, pihaknya akan melakukan rapat koordinasi untuk menentukan tempat karaoke apa saja yang secara Prokes memiliki kesiapan. Namun juga harus merubah peraturan walikota (Perwali) karena terkait dia punya isi Perwali.

“Kalau dia melanggar itu ada dia punya konsekuensi itu. Bisa saja Satgas turun lapangan setelah hari raya Idul Fitri untuk verifikasi kesiapan tempat karaoke,” tegas kepala dinas pariwisata dan kebudayaan kota Ambon.

Hayat mengungkapkan, vaksinasi yang dilakukan kepada pegawai sesuai permintaan para pengusaha karaoke. Ada dua permintaan mereka selain proses vaksinasi tetapi juga ijin membuka usaha.

Untuk pegawai karaoke sendiri yang telah terdaftar untuk vaksinasi tambahnya kurang lebih 100 orang.

“Data pasti ya tak dirincikan namun setiap tenaga kerja yang bekerja di karaoke akan vaksinasi sesuai jadwal yang telah tetapkan dalam sistem. Setelah vaksin, Satgas harus turun survei ke lokasi soal layak tidaknya untuk diberikan rekomendasi,” kuncinya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed