by

Kesembuhan Meningkat, Positif Melandai, Walikota: Kesadaran Masyarakat Kuncinya

-Kota Ambon-112 views

AMBON,MRNews.com,- Tingkat pertumbuhan yang terkonfirmasi positif Covid-19 dalam beberapa hari terakhir di Kota Ambon dapat dikendalikan sehingga melambat/melandai. Sedangkan tingkat penyembuhan luar biasa tinggi.

“Beberapa hari lalu bisa sampai 100 orang. Antara lain disebabkan karena tingkat kesadaran masyarakat yang semakin positif untuk memproteksi dirinya. Itu kuncinya,” ungkap Walikota Ambon Richard Louhenapessy disela pantauan operasi Yustisi oleh Gustu Covid-19 Kota Ambon di Passo, Minggu (20/9).

Menurutnya, tingkat disiplin dan kesadaran masyarakat semakin baik. Diimbangi lagi dengan langkah-langkah konkrit yang sekarang diambil pemerintah kota dan TNI Polri dalam bentuk operasi Yustisi maupun operasi penegakkan disiplin.

“Semua turut berpengaruh dalam upaya untuk menekan pertumbuhan konfirmasi positif. Apalagi pasien ketika diisolasi, kita cuma supporting dengan obat vitamin dan makan setiap hari. Tapi selebihnya tergantung dari disiplin masyarakat,” jelas Louhenapessy.

Dengan trend tersebut, dirinya memprediksi dalam tahap evaluasi berikut, diharapkan bisa keluar dari zona merah ke orange, jika pola operasi Yustisi berjalan maksimal dan angka konfirmasi bisa ditekan terus.

“Kalau dalam evaluasi berikut, mudah-mudahan. Dalam pola ini di dua minggu terakhir, menurut saya kita akan turun,” yakinnya.

Menurutnya, Ambon belum bisa masuk new normal karena ada tahapan, dari zona merah ke orange, kuning baru hijau. “Setelahnya baru kita mulai kondisikan ke adaptasi kebiasaan baru (AKB). Proses AKB sebetulnya sekarang sudah jalan, hanya perlu pertegas terus,” bebernya.

Berdasarkan catatan Mimbarrakyatnews.com, angka kesembuhan Kota Ambon meningkat seminggu terakhir. Tercatat pada Jumat 12 September 2020 masih diangka 1057 jiwa, naik kini menjadi 1224 jiwa pada Sabtu 19 September.

Sedangkan kasus positif, pekan lalu diwaktu sama 1898 jiwa, kini 2045 jiwa dengan 793 orang dirawat per 19 September. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed