Kepala BNPB Pastikan Presiden Jokowi ke Maluku

AMBON,MRNews.com,- Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI Doni Monardo pastikan Presiden RI Joko Widodo akan datang ke Provinsi Maluku dalam waktu dekat untuk meninjau langsung kondisi fasilitas umum yang rusak akibat bencana gempabumi 6,5 SR beberapa waktu lalu serta melihat kondisi pengungsi maupun posko penanggulangan darurat bencana (PDB) di provinsi maupun dua kabupaten yang terdampak langsung Maluku Tengah dan Seram Bagian Barat (SBB) termasuk juga kota Ambon.

Kepastian itu disampaikan Doni di hadapan awak media saat press confrence tentang hasil kunjungannya ke sejumlah lokasi dampak gempa dan camp pengungsian di kabupaten Maluku Tengah di Posko PDB Maluku Aula Makorem 151/Binaiya, Rabu (9/10/19).

“Presiden pasti datang ke Maluku dalam waktu dekat. Itu pasti dan beliau ungkapkan sendiri langsung ke saya saat bersama Menteri PUPR dan Wakil Menteri Keuangan datang melaporkan tentang progress penanganan bencana di Maluku dalam aspek atau domain pemerintah pusat. Beliau yang tugaskan saya kembali ke Maluku untuk memastikan penanganan pengungsi dan distribusi logistik dan tanggap darurat berjalan baik dan lancar,” ungkap mantan Pangdam XVI/Pattimura ini.

Namun Doni mengaku, soal tanggal dan waktu pasti kedatangan Presiden Jokowi belum ditentukan. Sebab banyak persoalan penting yang harus dilakukan dan tuntaskan, apalagi menjelang transisi pemerintahan dan sidang paripurna MPR-RI dalam rangka pengucapan sumpah/janji atau pelantikan Presiden-Wakil Presiden sehingga harus benar-benar fokus dan diseriusi. Meski begitu, mantan Gubernur DKI Jakarta itu tetap akan melawat ke bumi raja-raja dan kemungkinan pula berkunjung ke Papua serta provinsi lainnya.

“Kemungkinan beliau Pa Presiden Jokowi juga berencana akan melakukan kunjungan kerja ke Papua dan sejumlah daerah lainnya, termasuk Maluku untuk melihat langsung kondisi pasca gempa di Ambon, Malteng dan SBB termasuk melihat dan menyapa masyarakat di pengungsian. Dalam waktu dekat pastinya. Hanya soal waktu yang tepat saja. Beliau juga titip salam hangat untuk semua masyarakat Maluku dan meminta tetap ikhtiar dan tawakal agar bencana ini cepat berlalu, semua hal tertangani secara baik ,” demikian mantan Sekjen Wantanas. (MR-02)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *