by

Kemenkominfo Susun Roadmap Indonesia Digital Sesuai Empat Sektor Strategis

JAKARTA,MRNews.com,- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) telah menyusun peta jalan atau Roadmap Indonesia Digital 2021-2024 sesuai empat (4) sektor strategis.

Menteri Kominfo (Menkominfo) Johnny G. Plate menyatakan, peta jalan yang memuat empat sektor strategis sesuai arahan Presiden Joko Widodo telah selesai dan sedang dilaporkan kepada Presiden.

Dalam penyusunan peta jalan itu juga melibatkan mitra KemenKominfo, kementerian dan lembaga terkait, termasuk perwakilan sektor swasta dan masyarakat.

“Secara garis besar peta jalan Indonesia Digital 2021-2024 ini memberikan penjelasan mengenai arah kebijakan, implementasi pelaksanaan dan target capaian untuk transformasi digital Indonesia diempat sektor strategis,” ujar Menkominfo dalam rapat kerja bersama Komisi I DPR RI di Gedung DPR-RI Senayan, Jakarta, Senin (1/2/2021).

Empat sektor strategis dalam mewujudkan transformasi digital Indonesia ujar Menkominfo, mencakup infrastruktur digital, pemerintahan digital, ekonomi digital, dan masyarakat digital.

Peta jalan Indonesia Digital 2021-2024 sebut Menkominfo, disusun berdasarkan lima (5) arahan atau langkah dari Presiden, menyangkut percepatan transformasi digital Indonesia pada Agustus 2020 lalu saat memimpin rapat terbatas perencanaan transformasi digital.

Pertama, segera lakukan percepatan perluasan akses dan peningkatan infrastruktur digital. Kedua, Presiden meminta agar dipersiapkan peta jalan atau road map transformasi digital disektor-sektor strategis.

“Beberapa sektor tersebut antara lain pemerintahan, layanan publik, bantuan sosial, pendidikan, kesehatan, perdagangan, industri, dan penyiaran agar utilitisasi infrastruktur juga meningkat,” tukas politisi partai NasDem.

Ketiga, lanjut Johnny, Presiden meminta agar integrasi pusat data nasional dipercepat. Keempat, Presiden ingin agar kebutuhan sumber daya manusia (SDM) talenta digital disiapkan.

Kelima, Presiden meminta agar jajarannya segera menyiapkan hal-hal yang berkaitan regulasi, skema pendanaan, dan pembiayaan transformasi digital.

“Arahan strategis disetiap sektor itu diturunkan menjadi rincian-rincian inisiatif strategis yang lebih spesifik untuk mempermudah pelaksanaan dikemudian hari. Dalam pembuatan inisiatif strategis, KemenKominfo berusaha mencakup berbagai bidang secara komprehensif,” urai mantan anggota DPR-RI asal NTT.

Hal ini dilakukan sambungnya, sebagai upaya membuka ruang bagi pemangku kepentingan untuk bersama-sama mendorong realisasi transformasi digital Indonesia yang didalamnya tidak kurang dari 100 kegiatan yang harus dilakukan. (**)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed