by

Kemenkominfo Bangun BTS 4G Diseluruh Indonesia

JAKARTA,MRNews.com,- Kebijakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dalam membangun BTS 4G sebagai basis transformasi digital yang mempunyai kecepatan yang lebih baik dari 3G, maka mulai dari sekarang pembangunan infrastruktur TIK ada adalah 4G.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Jhonny G Plate mengaku,
pada tahun 2021 nanti, Kemenkominfo juga akan membangun 4.200 BTS 4G diseluruh Indonesia diwilayah 3T.

Sedangkan tahun 2022 akan dibangun 3.704 BTS 4G sehingga keseluruhannya berjumlah 9.113 BTS pasif, dan dalam kerja sama dengan operator seluler akan menjadi aktif tersedianya sinyal 4G secara merata di seluruh wilayah 3T.

“Dalam kerjasama dengan operator seluler untuk wilayah non 3T/wilayah komersial, saya berharap kerjasama ini secara simultan kita bisa selesaikan 3.435 BTS untuk 3.435 desa diwilayah non 3T/wilayah komersial yang menjadi area/wilayah penugasan bagi operator seluler,” ujarnya Menkominfo.

Sementara pada tahun 2020 ini, sebut Plate, Kemenkominfo melalui BLU Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) sudah membangun 1.209 BTS aktif dan untuk bisa aktif tentu harus bisa bekerja bersama mitra kerja operator seluler.

“Saya berterima kasih kepada rekan-rekan operator seluler yang pro aktif untuk memastikan BTS-BTS pasif yang dibangun Kominfo menjadi aktif dengan tersedia dan tergelarnya signal 4G,” ujar Plate lewat konferensi video dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta Tangerang, Kamis (12/11).

Dengan demikian, dirinya berharap mitra operator seluler secara bersama-sama pada 2022 nanti seluruh desa dan kelurahan di Indonesia sudah tersedia BTS sinyal 4G yang memadai, sehingga untuk mendukung akselerasi transformasi digital bisa dilakukan. (**)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed