by

Keikutsertaan Dosen UKIM Dalam Certified Financial Report AR Learning Center

Oleh : Dekan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM), Pieter Leunupun.

AMBON,MRNews.com.- Mengelola lembaga pendidikan memerlukan desain keuangan bisnis yang akuntabel terstruktur dan sesuai Standar Akuntansi Keuangan (SAK) yang berlaku di Indonesia.

Pentingnya pelatihan yang ditujukan bagi pembuat laporan keuangan agar bisa mengelola keuangan dengan menerapkan standar akuntansi secara profesional.

Karena itu pusat pembelajaran AR Learning Center Yogyakarta menyelenggarakan program pelatihan Certified of Financial Report yang dilaksanakan dari tanggal 24-26 November 2021 diikuti 28 peserta dari berbagai daerah di Indonesia termasuk Maluku yang diikuti Dekan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM), Pieter Leunupun.

Seperti diketahui, tujuan kegiatan pembelajaran program sertifikasi tersebut guna meningkatkan kemampuan dalam menerapkan prinsip-prinsip dasar akuntansi pada transaksi perusahaan dan meminimalisasi terjadinya kesalahan dalam penyajian laporan keuangan.

Disisi lain dapat meningkatkan kapabilitas akuntan untuk mencatat, menyiapkan, menyusun dan menyajikan laporan keuangan secara terstruktur dan sesuai Standar Akuntansi Keuangan (SAK) yang berlaku di Indonesia.

Adapun materi yang disajikan yakni, desain pengelolaan keuangan bisnis, pentingnya mengadministrasikan keuangan bisnis, pencatatan versus pembukuan, memahami konsep cash basis dan accrual basis, konsep balancing dan implementasinya dalam bisnis.

Menurut Leunupun pada prinsipnya inti kegiatan ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan menyiapkan laporan keuangan bisnis yang baik dan benar secara profesional sesuai SAK.

Selain itu fasilitas yang diperoleh dari pelatihan ini berupa sertifikat kelulusan bagi yang dinyatakan lulus, e-book materi, free akses seminar, voucher training, gelar non-akademik.

Dengan adanya pelatihan ini diharapkan dapat menghasilkan tenaga akademik yang dapat bertanggung jawab dalam mengelola keuangan serta mendesainnya dalam bentuk pelaporan secara sesuai SAK yang berlaku di Indonesia. (**)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed