by

Kedepan, Ibu Bersalin di RS & Puskesmas Langsung Dapat Akta Kelahiran Anak

AMBON,MRNews.com,- Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon terus melakukan sejumlah inovasi. Salah satunya bakal kerjasama dengan semua rumah sakit (RS) dan Puskesmas, agar pasca persalinan, bakal diserahkan langsung akta kelahiran kepada ibu atau orang tua sang bayi.

Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon Agus Ririmasse katakan, inovasi itu untuk mempermudah warga kota memperoleh administrasi kependudukan berupa akta kelahiran.

“Kedepan kita akan kerjasama dengan seluruh RS agar warga yang selesai bersalin, bisa dapat akta kelahiran. Ini sudah jadi tekad dan komitmen Pemkot Ambon,” beber Ririmasse kepada awak media di Ambon, Selasa (1/3/2022).

Untuk implementasi kebijakan itu kata Ririmasse, pihaknya perlu mematangkan koordinasi yang baik dengan Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes), kepala RS maupun kepala Puskesmas.

“Saya sudah bicarakan dengan Kadinkes untuk kita rapat dengan seluruh pimpinan Puskesmas dan RS di Ambon agar kita kerjasama terkait pencetakan akta kelahiran di RS atau Puskesmas saat ibu melahirkan maka pulang sudah bisa bawa,” terangnya.

Selain itu, tambahanya, perlu kerjasama dari orang tua untuk langsung memberi nama kepada sang bayi pasca bersalin sehingga bisa terbit akta kelahiran.

“Yang penting juga nama bayinya harus cepat. Sebab kadang lama cetak itu karena masalah nama. Oma dan Opa dari kampung belum kasi nama, itu kan budaya kita begitu. Padahal kita mau gerak cepat ini,” jelasnya.

Ditegaskan, pembenahan pelayanan Adminduk di Dukcapil Ambon menjadi fokusnya sesuai arahan Walikota dan Wakil Walikota. Maka telah didapat empat mesin cetak e-KTP, 22 rebon film dan 18 ribu blanko e-KTP dari Ditjen Dukcapil Kemendagri.

“Maka tidak ada lagi alasan bagi pegawai Dukcapil untuk tidak memberi pelayanan terbaik bagi masyarakat. Saya akan pantau terus. Kita kerja harus pakai hati. Tugas pemerintah layani masyarakat. Ini bukan pencitraan. Hidup ini singkat maka harus berdampak bagi orang lain,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed