by

Kebun Percontohan “Laudato Si” Perkuat Ketahanan Pangan Dimasa Pandemi

-Kota Ambon-147 views

AMBON,MRNews.com,- Usai dusun Taeno Negeri Rumahtiga dicanangkan jadi kampung tangguh nusantara (KTN), kini ada lagi KTN kebun percontohan rakyat “Laudato Si Negeri Passo Kecamatan Baguala di RT 030/RW 006 guna memperkuat dan meningkatkan ketahanan pangan, produk pertanian lokal berbasis kemandirian masyarakat dimasa Pandemi Covid-19.

Laudato Si dicanangkan jadi kebun percontohan rakyat di Kota Ambon oleh Walikota Richard Louhenapessy, Senin (27/7). Hadirnya kebun percontohan rakyat Laudato Si merupakan inisiasi dan inovasi Bhabinkamtibmas dan Babinsa Negeri Passo serta pastor paroki Santo Joseph Passo, yang akan dikelola petani lokal.

Louhenapessy lantas mengapresiasi inisiasi lahirnya kebun percontohan Laudato Si karena disaat kondisi pandemi COVID-19, sebagian masyarakat diberi potensi, kreatifitas dan inovasi untuk hadirkan sesuatu yang luar biasa.

Sebagaimana arti Laudato Si yakni menanam, menyiram dan menghidupkan diharapkan masyarakat bisa mengelola dan manfaatkan dengan baik dalam menopang ketahanan pangan lokal disaat pandemi khususnya.

“Potensi yang ada bisa kita pakai bukan saja otot, fisik tapi akal dan kreasi demi wujudkan apa yang kita inginkan. Percuma kalau lahan dibiarkan kosong. Kalau lahan ini bisa diolah secara baik dan mendatangkan nilai secara ekonomis bagi kita semua itu sesuatu luar biasa apalagi saat masa krisis seperti ini. Semoga kebun percontohan ini pada akhirnya bisa menghidupkan banyak orang dan menjaga ketahanan pangan lokal di Kota Ambon,” sebut Walikota.

Hadirnya Laudato Si, Walikota berharap bisa menjadi prototype bagi semua desa/negeri di Kota Ambon agar hadirkan kreativitas dan inovasi bersinergi dengan Bhabinkamtibmas, Babinsa, tokoh agama dan stakeholder lain guna menjaga ketahanan pangan dimasa pandemi maupun kedepannya dalam semangat SAGU (Sehat, Aman, Guyub dan Unggul).

“Sehingga walau Covid-19 berkepanjangan kita bisa menyesuaikan diri lewat cara produktif dan aman,” terangnya.

Sementara perwakilan Dit Binmas Polda Maluku AKBP Andhy mengaku, kampung tangguh nusantara merupakan program Polri yang di Maluku untuk 46 Polres telah ada seluruhnya. Dimana untuk Polresta Ambon sudah dicanangkan 15 kampung tangguh nusantara termasuk di Negeri Passo ini. 

“Hadirnya kebun percontohan ini membantu pemerintah dalam memenuhi kebutuhan pangan ditengah ancaman pandemi. Sekaligus mengajak masyarakat untuk mandiri dan meningkatkan ketahanan pangan dimasa Pandemi Covid-19. Semoga kampung tangguh nusantara ini bisa berkembang semakin baik kedepan,” terangnya.

Pencanangan kebun percontohan rakyat Laudato Si ditandai dengan penebaran bibit sayur kangkung, cabe serta panen raya sayur bayam dan tomat oleh Walikota dan Wakapolresta Ambon AKBP Romi Agusriansyah.

Momen itu diakhiri dengan penyerahan bantuan sosial (Bansos) berupa beras 5kg 30 karung dari Kapolri serta alumni Akpol 91 Bhara Daksa dan bibit kepada petani. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed