by

Kasus Positif Meningkat, Pemkot Ambon Terapkan WFH & WFO

AMBON,MRNews.com,- Meski kasus positif Covid-19 terus naik di Kota Ambon, Pemerintah kota (Pemkot) tidak menutup sementara aktivitas perkantoran secara penuh, namun menerapkan dua metode yakni work from home (WFH) atau kerja dari rumah serta work from office (WFO) atau kerja dari kantor.

Walikota Ambon Richard Louhenapesy menyatakan, sebetulnya kantor memakai pola kerja dari rumah. Tapi karena mungkin orang jenuh dan tidak tahan untuk terus kerja di rumah sehingga memilih ke kantor.

“Di Pemkot, yang berkantor cuma pejabat eselon II-III yang terkait, eselon IV dan staf pelaksana semua di rumah bekerja. Nanti kalau diperlukan baru datang. Juga di kantor lain. Di TNI misalnya terapkan 50 persen kerja tiap harinya, jadi shift. diharapkan pola itu akan berjalan terus,” tandas Walikota.

Maksud menerapkan dua pola itu menurutnya, karena masyarakat juga perlu dilayani kebutuhannya setiap hari dalam pengurusan administrasi dan sebagainya. Sehingga pelayanan tak saja berjalan offline tetapi juga online.

Sejalan dengan itu, untuk mendeteksi potensi cluster perkantoran yang juga Covid-19 menyebar, maka 10 OPD yang terlibat dalam pelayanan publik, pegawai wajib di-Swab tes. Supaya pemerintah kota bisa menjadi contoh buat masyarakat.

“Ini khan ODP yang bersinggungan langsung dengan pelayanan publik. Agar masyarakat juga berikhtiar jangan sampai pada waktu masyarakat datang lalu mereka ragu-ragu. Maka OPD yang terkait pelayanan publik kita Swab,” tukasnya usai pimpin apel bersama tim operasi PSBB di tribun lapangan merdeka, Jumat (28/8).

Sampai hari ini tambah dia, sesuai hasil pemeriksaan Swab oleh BTKLPP, sudah 81 ASN yang terkonfirmasi positif termasuk dua pejabat eselon II. Masih kurang lebih 200 lagi hasilnya yang belum dikeluarkan BTKL.

“Dengan jumlah itu, kemungkinan akan bertambah. Tapi semua yang Swab dan hasilnya positif mereka orang tanpa gejala, yang tiap hari bertugas melayani masyarakat semua beraktivitas seperti biasa. Itu yang bahaya buat kita,” kunci Walikota. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed