by

Kasus Covid-19 Alami Fluktuasi, Louhenapessy: Terus Patuhi Prokes

AMBON,MRNews.com,- Tingkat penyebaran kasus Covid-19 di Kota Ambon dalam beberapa waktu terakhir selalu mengalami fluktuasi. Untuk itu, diharapkan masyarakat selalu mematuhi protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 yaitu 4M.

Hal itu bisa terlihat dalam tiga hari terakhir yaitu 25 Desember 2020 total kasus positif Covid-19 3898 orang, dirawat 593, sembuh 3259 dan meninggal 46 orang. Kemudian 27 Desember kasus positif naik jadi 3910, dirawat 583, 3278 sembuh, 49 meninggal, serta 590 kasus dirawat dan 14 suspek pada 28 Desember 2020.

Walikota Ambon Richard Louhenapessy mengaku, alasan kasus Covid-19 selalu turun naik, karena Ambon adalah ibukota Provinsi Maluku. Dimana, masyarakat dari luar kota, juga turut melakukan aktivitas didalam Kota Ambon dan menjadi kota transit bagi orang luar yang ingin datang ke Maluku.

“Kita bersyukur, ada waktu dimana Covid-19 turun. Tapi kemudian naik lagi. Kenapa? karena Ambon ini berada pada posisi transit. Kita turun, tapi ada masyarakat yang masuk dari Kabupaten lain atau dari luar Ambon, dia berdampak. Dan Covid-19 itu baik lagi,” urainya kepada wartawan di Ambon, Selasa (29/12).

Dikatakan, Pandemi Covid-19 bukan hanya berpengaruh terhadap aspek kesehatan. Tetapi juga, berdampak secara nasional pada sektor ekonomi, sosial termasuk pula disektor pariwisata. Hal ini benar-benar dirasakan tak saja oleh pemerintah kota tetapi juga pelaku usaha dan masyarakat.

“Antara lain, misalnya, dengan pembatasan kegiatan-kegiatan, besar termasuk di Kota Ambon, yang kita sudah rencanakan betul. Bahkan ada yang ingin datang, tapi tertunda karena takut rapid test antigen,” tukas politisi partai Golkar.

Untuk itulah, menurut Louhenapessy, kunci utama memutus mata rantai penyebaran Covid-19, hanya ada pada kepatuhan masyarakat terhadap 4M yaitu, menjaga jarak, memakai masker, menghindari kerumunan, dan mencuci tangan pakai sabun.

“Apabila masyarakat bisa mematuhi anjuran Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon terkait penerapan Prokes, Covid-19 kemungkinan bisa ditekan tingkat penularannya. Sebab itu Pemkot tidak henti-hentinya mengajak dan menghimbau masyarakat terus taat Prokes,” ajak mantan ketua DPRD Maluku itu. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed