by

Kapolri Mutasi Besar, Wakapolda Maluku “Naik Level”

AMBON,MRNews.com,- Bertepatan dengan hari Buruh Internasional 1 Mei 2020, Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis melakukan mutasi besar-besaran ditubuh korps berbaju coklat, baik pejabat tinggi (Pati) maupun pejabat menengah (Pamen).

Termasuk diantaranya Wakapolda Maluku Brigjen Pol Teguh Sarwono yang bergeser posisinya.

Berdasarkan surat telegram (ST) Kapolri nomor ST/1377/V/KEP/2020 tanggal 1 Mei 2020 yang didapat Jumat (1/5), Brigjen Pol Teguh Sarwono dimutasi ke Provinsi Bengkulu sebagai Kapolda.

Posisi yang ditinggal Sarwono diisi oleh putera asli Maluku, Brigjen Pol Jan Leonard De Fretes. De Fretes sendiri sebelumnya menempati posisi sebagai penyidik pidana utama Bareskrim Polri.

Selain Wakapolda, pergeseran juga terjadi pada posisi Irwasda Polda Maluku Kombes Pol Sungkono. Sungkono pindah ke Polda Jawa Timur dalam jabatan sama. Kombes Pol Raden Heru Prakoso yang sebelumnya pada Itwasum Polri menggantikan posisi Sungkono.

Mutasi pada Irwasda ini sesuai ST Kapolri nomor ST/1378/V/KEP/2020. Dari ST Kapolri juga, ada putera daerah Maluku lain yang menempati jabatan baru yaitu Brigjen Pol Marthinus Hukom sebagai Wakadensus 88 Anti Teror Polri. Posisi Hukom sebelumnya adalah analis kebijakan madya bidang penindakan Densus 88 Anti Teror Polri.

Kapolri juga dalam ST menegaskan, guna mencegah dan meminimalisir penyebaran Covid-19, para Pati/Pamen sebelum berpindah tempat tugas yang baru agar dapat dilakukan pemeriksaan kesehatan.

“Dimohon para Jenderal agar memerintahkan pejabat pengemban fungsi SDM untuk berkoordinasi dengan pejabat pengemban fungsi kesehatan untuk melaksanakan pemeriksaan kesehatan (Rikkes) kepada Pati/Pamen Polri tersebut sebelum menghadap dan setelah menghadap disatuan yang baru,” tegas Kapolri. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed