by

Kapolresta-Warga Bagada Tatap Muka, Ini Hasilnya

AMBON,MRNews.com,- Kapolresta Pulau Ambon & Pp Lease AKBP Leo Surya Nugraha Simatupang didampingi Kasat Reskrim AKP Gilang Prasetya, Kasat Intelkam AKP F. Tupan, Kapolsek Nusaniwe IPTU Pieter Matahelemual, Kasubbag Humas IPDA Julkisno Kaisupy dan Lurah Kudamati melakukan pertemuan dengan tokoh masyarakat, pemuda, agama dan warga Batu Gantung Dalam (Bagada) sekitar 60 orang, terkait peristiwa penikaman dan pelemparan rumah warga.

Tatap muka yang berlangsung di Balai Pertemuan Bagada Kelurahan Kudamati Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon, Sabtu (14/12/19) sore, Kapolresta lantas memberikan himbauan dan mencari solusi terkait peristiwa tersebut untuk menghentikan konflik antar warga Bagada dengan Batu Gantung Ganemo.

Dalam pertemuan itu, beberapa tokoh dan warga Bagada menyampaikan keluhan dan permintaan kepada Kapolresta dan Lurah Kudamati diantaranya pertama, agar pihak kepolisian menempatkan pos di Batu Gantung Ganemo sampai selesai Natal dan Tahun Baru 2020.

Kedua, agar Kapolda Maluku dan Kapolresta Ambon menertibkan dan memberikan ketegasan serta tanggungjawab kepada personil kepolisan yang berdomisili di Batu Gantung Gabemo dan Bagada untuk dapat membantu menghimbau dan mengendalikan warga di sekitar tempat domisili personil tersebut.

Selanjutnya, meminta Kapolresta Pulau Ambon untuk berkoordinasi dengan Walikota Ambon agar membantu perbaikan rumah-rumah warga yang rusak diakibatkan dari peristiwa pelemparan dari Batu Gantung Ganemo; terakhir, kepada Lurah agar ada kepedulian dari Pemda kota Ambon untuk menyelesaikan konflik antar warga dan perbaikan rumah-rumah warga yang rusak akibat pelemparan.

Menanggapi keluhan dan permintaan warga, Kapolresta pun menghimbau kepada warga masyarakat Bagada agar menahan diri dan membantu kepolisian untuk manjaga situasi Kamtibmas agar selalu aman dan damai menjelang Natal dan Tahun Baru 2020 bahkan sampai seterusnya. Karena itu, dirinya memastikan akan menempatkan pos PAM di Batu Gantung Ganemo untuk beberapa waktu kedepan.

Tak hanya itu, perwira berpangkat dua melati emas di pundak berjanji akan melaporkan dan meminta petunjuk dari Kapolda Maluku terkait permintaan warga masyarakat untuk memberikan tanggungjawab kepada personil kepolisian yang berdomisili di kedua lokasi karena sebagian besar personil yang berdomisili di Batu Gantung adalah personil Polda Maluku.

“Kami mintakan bantuan dan kerjasama dari tokoh-tokoh dan orang tua untuk mendidik anak-anak muda di Batu Gantung agar tidak melakukan perbuatan pidana atau mengganggu Kamtibmas. Kami juga akan membantu menyampaikan permintaan pergantian kerugian rumah-rumah warga yang rusak kepada pa Walikota Ambon,” pungkasnya.

Senada, Lurah Kudamati pun berjanji akan menyampaikan permintaan pergantian kerugian rumah-rumah warga yang rusak akibat lemparan kepada Walikota Ambon. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed