by

Kapolda & Pangdam Bahas Situasi Keamanan Maluku Hingga Pilkada

-Maluku-93 views

AMBON,MRNews.com,- Kapolda Maluku Irjen Pol Baharudin Djafar dan Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Agus Rohman membahas bersama tentang situasi keamanan terkini di Maluku hingga pelaksanaan Pilkada serentak Desember 2020 pada empat kabupaten di Aula Rupattama Polda Maluku, Selasa (4/8).

“Kami mengetahui di Maluku kerap terjadi konflik, maka selaku Panglima yang baru dalam pelaksanaan tugas kita jangan lupa berserah kepada Allah SWT. Selaku Panglima juga meminta PJU Kodam XVI Pattimura harus sering bersinergritas dalam bekerja sama untuk kenyamanan di tanah raja-raja ini,” ungkap Pangdam saat menyambangi Kapolda.

Selain silaturahmi menurut Pangdam, dirinya sekaligus meminta masukan dari Kapolda dan jajaran. Sebab ancaman-ancaman yang sering terjadi dari luar maupun dari dalam negeri ini, merupakan tugas utama dalam kinerja bersama TNI- Polri.

“Terkait Pilkada pada empat kabupaten di Maluku, kami siap bersinergi bersama Polda Maluku dalam mengamankan jalannya event politik itu nantinya. Kami akan berusaha semaksimal mungkin dalam menuntaskan dan mengamankan Pilkada serentak di Maluku,” janji Jenderal TNI Bintang Dua.

Sementara itu, Kapolda menyatakan, selama
kurun waktu 6 bulan bertugas, berbagai persoalan Kamtibmas terjadi diwilayah hukum Polda Maluku diantaranya kejadian pertikaian antar desa dan masalah konflik vertikal dan horizontal.

“Soal perkembangan situasi di Maluku menghadapi Pilkada serentak, kami sudah pernah membahas dengan Pangdam yang lama, tetapi tak salah jika kami selalu dorong dan sangat mengutamakan sinegritas antar TNI-Polri yang sudah kami bina selama ini,” terang Jenderal Bahar.

Untuk mengamankan dan mensukseskan Pilkada nanti, menurut Kapolda, tak saja TNI dan Polri tetapi ada juga instansi lain dalam hal ini Gakumdu yang melibatkan Kejaksaan Tinggi dan Bawaslu Maluku yang bersama bergandengan tangan untuk mengawal proses perjalanan tahapan Pilkada yang berlangsung, saat pemungutan, hitung suara hingga penetapan hasilnya.

“Penting kerjasama yang baik antar PJU Kodam bersama PJU Polda terutama As OPS dan Karo OPS untuk saling berkoordinasi.
TNI-Polri dalam pergerakan tugas dan operasional kedepan, tentu sangat membutuhkan kinerja dan sinergitas yang baik dari dua satuan kerja ini,” harap mantan Kapolda Sulbar. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed