by

Kampanye & Penegakkan Prokes, 270 Ribu Masker Disebar di Maluku

AMBON,MRNews.com,- Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menginisiasi kampanye protokol kesehatan (Prokes) serentak se-Indonesia berupa pembagian masker, jaga jarak dan hindari kerumunan guna memutus rantai penyebaran Covid-19.

Khusus di Polda Maluku, sebanyak 270 ribu masker dibagi gratis ke masyarakat oleh Bhabinkamtibmas dan Babinsa dengan motor yang dilepas didepan tribun Lapangan Merdeka, Kamis (10/9).

Kapolda Maluku Irjen Pol Baharudin Djafar mengaku, aksi kampanye serentak ini dalam rangka operasi yustisi pemakaian masker dan Pilkada 2020 yang aman, damai dan sehat. Hal utama tentu untuk memutus mata rantai Covid-19.

Pasalnya, masih ada beberapa daerah di Maluku yang belum disiplin dengan protokol kesehatan, pada akhirnya timbul klaster baru dan tingkat kasus meningkat. Sehingga perlu terus disosialisasikan.

“Selain putus mata rantai tapi juga kita galakkan ini agar ekonomi kembali bergerak, tumbuh dengan baik. Maka kita harus sama-sama menjalankan secara serius. Sebab pertumbuhan ekonomi Maluku dan Papua masih baik dibanding daerah lain. Ini harus kita pertahankan,” sebut Kapolda.

Menurutnya, anggota Polri maupun TNI serta pemerintah harus memperlihatkan terlebih dahulu menjadi contoh dalam penggunaan masker dan penerapan protokol kesehatan lainnya. Dengan begitu masyarakat akan mengikutinya.

“Mudah-mudahan lewat kampanye pemanfaatan dan pembagian masker serentak se-Indonesia termasuk di Maluku bisa membuahkan hasil lebih baik. Kesadaran dan disiplin kuncinya. Dengan begitu pandemi ini bisa segera berakhir,” harap mantan Kapolda Sulbar.

Sementara Gubernur Maluku Murad Ismail berharap pandemi Covid-19 secepatnya berakhir agar segala aktivitas bisa berjalan normal. Maka sebagai komitmen, mulai hari ini semua baliho, banner dan spanduk yang masih terpasang tanpa pakai masker akan diturunkan termasuk milik pribadi dan Pemprov Maluku.

“Baliho, spanduk yang tidak pakai masker, kita turunkan hari ini termasuk baliho-baliho saya. Nanti kita bicara sama pa Walikota dan Infokom hari ini kita turunkan semua tanpa kecuali baliho, banner, spanduk termasuk punya saya,” tegas Murad.

Selain disebarkan ke warga, masker juga dibagi ke KPU Maluku sebagai penyelenggara Pilkada serentak 2020 dan beberapa pimpinan partai politik selaku peserta Pilkada oleh Gubernur, Kapolda dan Pangdam XVI Pattimura. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed