by

Kakanwil ATR/BPN Minta Dukungan Polda Soal Sengketa Tanah

AMBON,MRNews.com,- Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) BPN Maluku Toto Sutantono meminta dukungan Polda Maluku untuk melakukan pengawalan terhadap permasalahan sengketa tanah yang sering terjadi.

“Kami minta dukungan pihak kepolisian untuk mengawal permasalahan sengketa tanah dengan ukuran berkisar empat hektar bersertifikat yang berada didaerah Un dekat pompa bensin kota Tual,” pinta Toto saat menerima kunjungan silaturahmi Kapolda Maluku Irjen Pol Baharuddin Djafar, Rabu (24/6).

Pasalnya berbagai hambatan dalam pelayanan kasus sengketa tanah adalah karakteristik masyarakat di Maluku. Termasuk sertifikat tanah serta kasus-kasus yang dilapor masyarakat. “Jadi kami sangat membutuhkan pengawalan serta perlindungan pihak kepolisian,” ucap Toto.

Menyangkut sertifikat tanah desa gratis itu, Toto mengaku berpulang kepada administrasi desa setempat dan keputusan kepala desa untuk batas tanah dari satu desa ke desa lain, karena sangat fatal dan sering terjadi gangguan Kamtibmas dalam masalah ini.

Menanggapi hal itu, Kapolda menyebut, dalam permasalahan sengketa tanah, untuk penyelesaian atau sampai tingkat keputusan pergantian pimpinan internal ATR/BPN maupun dipihak kepolisin, kalau tidak bisa dituntaskan sampai ke akarnya masalah itu tidak tidak bisa selesai dengan baik.

“Kalau bisa dalam waktu dekat ini kita gelar pertemuan guna dapat menuntaskan masalah yang ada khususnya dibidang sengketa tanah. Maka diharapkan pihak ATR/BPN nanti siapkan data permasalahan sengketa tanah. Agar bisa diselesaikan beberapa kasus sengketa tanah diwilayah Maluku,” pinta Jenderal Polisi Bintang Dua.

Dalam kunjungan itu, Kapolda didampingi Dir Reskrimsus Kombes Pol. Eko Santoso dan Kabid Humas Kombes Pol Mohamad Roem Ohoirat. Sedangkan Kakanwil ATR/BPN Maluku bersama sejumlah pejabat kantor tersebut. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed