by

Kadisdik & Ribuan Guru di Ambon Siap Divaksin Covid-19

AMBON,MRNews.com,- Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Ambon Fahmi Salatalohy dan ribuan guru baik honorer, TK, SD hingga SMP siap divaksinasi Covid-19 pada vaksin tahap kedua yang dimulai hari ini dengan warga lanjut usia (Lansia).

“Kami (dinas-red) siap saja. Ini sementara kita koordinasi dengan dinas kesehatan (Dinkes) untuk distribusi data guru, dan kemarin kami sudah kirim dan hari ini data itu sudah rampung di Dinkes,” tandas Fahmi kepada media ini di ruang kerjanya, Selasa (2/3).

Total guru yang datanya sudah rampung kata dia, ada sekitar 3000 lebih. Terdiri dari guru honorer, TK, SD hingga SMP. Selanjutnya tinggal menunggu periodesasi vaksin yang akan ditentukan Dinkes terhadap guru, dengan terlebih dahulu diverifikasi data.

“Sebagai kepala dinas saya akan vaksin kamuka. Semua guru didaftar ikut. Nanti soal verifikasi oleh Dinkes menentukan mana yang bisa dan tidak untuk vaksin, kita tunggu. Semua data sudah dikirim,” jelasnya.

Salatalohy mensupport vaksinasi Covid-19 bagi guru. Karena itu semua guru didorong harus ikut demi kebaikan bersama terutama dalam mempersiapkan diri masuk pada belajar tatap muka yang dijadwalkan pemerintah pusat mulai Juli 2021 nanti.

“Intinya harus vaksin lah untuk kebaikan katong samua terutama mempersiapkan diri masuk belajar tatap muka nanti yang dijadwalkan pemerintah pusat Juli 2021,” tukasnya.

Jika nantinya ada guru yang menolak divaksin namun telah lolos verifikasi, sanksi apa yang akan diberikan dinas, Fahmi mengaku, prinsipnya tidak boleh ada penolakan vaksin kecuali yang bersangkutan dalam tahapannya ada Comorbid dan pertimbangan medis lainnya.

“Tetap harus divaksin. Sebab kalau mereka tidak vaksin maka beta akan kena sanksi dari Walikota. Sanksi ke guru bisa saja saya tidak tandatangani berkas mereka yang masuk ke dinas. Itu saja selesai. Tapi tidak bisa langsung katong sampaikan. Barang ini katong biking pelan-pelan pasti mereka mau,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed