by

Jumpa Prajurit di Malteng, Pangdam: TNI Harus Jadi Solusi Bagi Masalah Rakyat

AMBON,MRNews.com,- Resmi menjabat satu bulan, Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Richard Tampubolon baru bisa melakukan kunjungan kerja perdana ke wilayah Maluku Tengah, Rabu (2/2/22).

Pangdam didampingi Ketua Persit KCK PD XVI/Pattimura Ny Selly Tampubolon, Kapoksahli Kodam XVI/Pattimura, Brigjen TNI Adam Suwarno Pangeran dan sejumlah Pejabat Utama Kodam XVI/Pattimura.

Kunker tersebut untuk bertatap muka dan bersilaturahmi dengan seluruh prajurit dan Persit yang berada di wilayah Masohi, Maluku Tengah.

Kunjungan Pangdam mulai dari meninjau Batalyon Yonif 731/Kabaresi dan memberi pengarahan kepada prajurit dan Persit di wilayah Masohi sebanyak 473 personil dari Brigif 27/ Nusa Ina, Yonif 731/Kabaresi, Kodim 1502/Masohi dan Denpom Masohi.

Pada kesempatan itu, Richard menegaskan, prajurit Kodam XVI/Pattimura sebagai pelindung dan perekat bangsa, harus selalu memelihara kesiapsiagaan satuan, menjaga postur dan penampilan prajurit dengan latihan tempur, pembinaan fisik serta menambah pengetahuan agar siap ditugaskan, dimana dan kapanpun juga.

“Kepada prajurit dan Persit yang tinggal di Mayonif 731/Kabaresi (Korum) untuk selalu menjaga nama baik, kehormatan pribadi dan satuan selama ditinggal penugasan di Lebanon dalam mengemban misi perdamaian PBB,” himbaunya.

Jenderal bintang dua itu juga memerintahkan para Dansat dan prajurit agar mengambil langkah sedini mungkin untuk mengatasi setiap persoalan, agar tidak berkembang dan berpotensi menjadi ancaman lebih serius.

“Bila ada persoalan segera ambil langkah sedini mungkin, sehingga tidak berpotensi menjadi ancaman yang serius.” ucapnya.

Hal tersebut sambungnya, sebagai salah satu implementasi perintah harian Kasad yang ketiga yaitu “Pertajam kepekaan terhadap perkembangan situasi dan lakukan tindakan proaktif dari segala bentuk ancaman kesatuan bangsa.”

Pangdam juga menekankan kembali tentang program Mutiara Pattimura, yaitu berupa tindakan nyata satuan maupun prajurit yang berorientasi pada wujud kebersamaan atas keanekaragaman yang ada serta upaya-upaya dalam membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kita (TNI-red) hadir, kita harus bisa menjadi solusi untuk mengatasi setiap kesulitan rakyat.” jelas Pangdam.

Disela-sela pengarahan, Pangdam juga memberi apresiasi kepada sejumlah prajurit atas semangat, dedikasi dan keseriusannya dalam melaksanakan tugas. “Kita foto dulu, bro,” ajak Pangdam.

Kalimat singkat, tapi tidak setiap pimpinan bisa melakukannya. Inilah salah satu ungkapan tulus wujud kedekatan antara pimpinan dan prajuritnya.

Usai di Mayonif 731/Kabaresi, Pangdam beserta Istri mengakhiri kunjungannya di Masohi dengan menyambangi Makodim 1502/Masohi. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed