Jembatan Ambruk, Akses Transportasi Leihitu-Leibar Lumpuh

AMBON,MRNewscom,- Hujan lebat yang mengguyur sejumlah kabupaten/kota di Maluku beberapa hari terakhir ini, menyebabkan jembatan air gurita yang berada di Negeri Lairike, Kecamatan Leihitu Barat, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) ambruk atau patah, Rabu (12/6/19) sore. Ambruknya jembatan tersebut lantas mengakibatkan akses transportasi darat dari wilayah Leihitu ke Leihitu Barat dan sebaliknya lumpuh total.

“Beruntung, jembatan tersebut tidak memakan korban jiwa karena saat ambruk tidak ada pengguna jalan yang melintasi jembatan. Jembatan ini kearah tempat wisata batu layar.
Harapannya bisa segera tertangani pihak berwenang dan akses transportasi bisa kembali lancar.

Maka masyarakat kami himbau agar tidak mendekati area jembatan itu,” ujar Kasubag Humas Polres Pulau Ambon dan Pp Lease, Ipda Julkisno Kaisupy kepada media, Kamis (13/6).

Mengetahui kejadian ini, dikatakan Julkisno, langsung Kapolres Ambon AKBP Sutrisno Hadi Santoso bersama Dandim 1504 Ambon, Letkol Inf Fendri Navyanto Raminta didampingi Kapolsek Leihitu Barat, Ipda Johan Anakotta serta Danramil Leihitu Kapten Arm Suryanto mengecek jembatan air gurita yang ambruk.

Juga UPTD Perhubungan Leihitu Barat, Bhabin Negeri Larike Aiptu M. Fauzi Syukur, Danpos Satgas BKO Wakasihu-Larike Serka Heriyanto, Babinsa Negeri Wakasihu Serda Paulus Y, Babinsa Negeri Larike Koptu N. Kombong, Pejabat Negeri Larike Abdurab Sia, Ketua Saniri Negeri Larike Muh Laisouw.

“Tujuan pa Kapolres dan Dandim turun pengecekan adalah untuk memastikan jembatan tersebut bagaiman ambruk dan akan membantu mempercepat proses pembangunan jembatan yang baru melalui berkoordinasi langsung dengan balai pelaksanaan jalan nasional (BPJN) wilayah Maluku-Maluku Utara dan pihak terkait misalnya Dinas PU Provinsi Maluku,” terang mantan Kapolsek Teluk Ambon itu.

Terpisah, Ketua Komisi C DPRD Maluku Anos Yermias mengatakan, jembatan ambruk di Desa Larike yang mengakibatkan jalur darat terputus di jazirah Leihitu-Leihitu Barat. “Kami sudah koordinasikan dengan Kadis PU Maluku. TRC sudah menuju lokasi untuk pasang Bailley,” singkatnya. (MR-02)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *