Jelang Idul Fitri, Polda Maluku Kumpul Lintas Sektor

AMBON,MRNews.com,- Dua minggu menjelang Idul Fitri, Kepolisian Daerah (Polda) Maluku mengumpulkan dan mengajak stakeholder lintas sektor dalam rapat koordinasi (Rakor) untuk memantapkan kesiapan berbagai aspek, informasi dan keamanan menghadapi hari besar agama Islam tersebut. Rakor dipimpin Kapolda Maluku, Irjen Pol Royke Lumowa didampingi Danrem, Danlanud, Danlantamal, Kejati Maluku, Pemerintah Provinsi Maluku di ruang rapat utama (Rupatama) Polda Maluku, Selasa (21/5/19).

Rakor tersebut diisi paparan dari berbagai elemen sesuai tugas, pokok dan fungsi masing-masing diantaranya dinas perhubungan provinsi Maluku, dinas perindustrian dan perdagangan Maluku, badan meteorologi, klimatologi dan geofisika (BMKG), kantor kesyahbandaran dan operasi pelabuhan (KSOP), kementerian agama provinsi Maluku, badan urusan logistik (Bulog) Maluku, balai POM wilayah Maluku, PT Angkasa Pura VI, PT PELNI Cabang Ambon, Jasa Raharja Cabang Maluku serta Karo Ops Polda Maluku tentang kesiapan pengamanan Idul Fitri.

Kapolda Maluku, Irjen Pol Royke Lumowa mengaku, poin Rakor intinya semua pihak bertekad untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang transportasi laut, darat dan udara, dengan tekad menuju prinsip zero accident, perketat atau minimalisir betul kecelakaan laut, darat apalagi udara.

Kemudian, lanjutnya, memastikan sembilan bahan pokok (Sembako) cukup stoknya dan harga barang masih stabil. Diharapkan ini tetap terkendali hingga Idul Fitri. Terakhir, situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) harus tetap dijaga senantiasa dari gangguan apapun, sehingga memasuki dan menjalani Idul Fitri dengan baik, aman, lancar dan sentosa.

“Nanti ada rapat teknis di tiap Polres tentang kesiapan kita, semua instansi terkait menghadapi hari raya Idul Fitri. Semua kita sudah siap tentang bagaimana kelayakan transportasi darat, laut, udara, kemudian pengendalian stok Sembako termasuk harganya, kesiapan stok masih cukup panjang ketersediaanya. Lalu antisipasi kecelakaan laut, BMKG secara early warning sudah memberikan trik-trik seperti apa, mungkin kelayakan transportasi khususnya pelayaran juga dikontrol ketat pemerintah. Serta situasi Kamtibmas juga kita kendalikan, kejahatan konvensional, terorisme dan lainnya terus masih kondusif sampai saat ini,” tukas Lumowa.

Ditambahkan, mantan Kakorlantas Polri itu, personil yang terlibat dalam pengamanan Idul Fitri ada kurang lebih 2300 personil Polda, dibantu TNI dan semua stakeholder di tiap sudut pos pengamanan maupun di sentra-sentra pelayanan, di konsentrasi masyarakat apakah di pelabuhan, terminal, pusat-pusat perbelanjaan, tempat rekreasi dan lainnya. Karena pos pengamanan akan ditempatkan di area-area khusus itu, dimana juga operasi ketupat Siwalima pun mulai berjalan dari tanggal 29 Mei-10 Juni 2019.

Turut hadir pada Rakor, Wakapolda Maluku Brigjen Pol Teguh Sarwono, Irwasda Maluku Kombes Pol Sungkono dan pejabat utama Polda Maluku, para Kapolres jajaran Polda Maluku, pejabat utama Kodam XVI/Pattimura, kepala PHRI Maluku, kepala balai jalan wilayah Maluku. (MR-02)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *