Jaring “Asmara”, Empat Masalah Jadi Perhatian Latupono

AMBON,MRNews.com,- Empat masalah utama jadi perhatian Wakil Ketua DPRD Kota Ambon, Rustam Latupono saat menjaring aspirasi masyarakat (Jaring Asmara) warga RT 01-RT 10/RW 09, Kawasan Prapatan, Kebun Cengkeh, Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Kamis (22/2/19) malam saat reses masa sidang I tahun sidang 2019.

Empat poin itu adalah masalah lampu jalan, jalan setapak, perbaikan saluran air dan persoalan air bersih.

“Secara keseluruhan, aspirasi masyarakat dalam masa reses di RW 09 Prapatan yang saya tangkap dan bisa simpulkan, ada empat masalah utama yang akan jadi perhatian saya nantinya dalam merumuskan pokok-pokok pikiran, yakni masalah air bersih, lampu jalan, jalan setapak dan saluran air. Empat masalah disini, sama dengan aspirasi masyarakat di Pinang Putih, Kampung Jawa dan Lorong Pica Botol, Wara. Sehingga menjadi perhatian penting pada masa sidang I tahun 2019 ini,” ujar Latupono.

Pasalnya, khusus air bersih kata Latupono, menjadi kebutuhan mendasar masyarakat yang harus dituntaskan. Namun memang, sebagaimana komunikasi terakhir dengan DSA dan PDAM, di Batu Merah-Kebun Cengkeh masalah utama pada debit air yang terus berkurang karena sulit ditemukannya sumber air. Untuk air bersih, hampir Rp 2 miliar telah diperjuangkan masuk dalam APBD 2019 dan memang itu jadi prioritas, termasuk juga jalan setapak di RT 01 dan RT 02/RW 09.

“Kita sudah panggil DSA untuk tanya. Masalahnya di sumber air dan harus bangun tambahan dua sumber air di Batu Merah dan Kebun Cengkeh, entah nanti dicari titiknya dimana. Supaya masyarakat bisa nikmati. Karena memang konsumsi air bersih yang tiap hari beli kisaran Rp 1 juta per bulan juga soal, tingkat ekonomi masyarakat beda-beda. Mudah-mudahan dalam tahun ini persoalan air bersih sudah bisa selesai. Beta pastikan 2020, air bersih sudah masuk dan bisa dinikmati warga. Karena air bersih jadi kebutuhan mendasar warga,” ujar politisi Gerindra itu.

Sementara itu, Ketua RT 10/RW 09, Mohammad Samalehu memberikan apresiasi atas kunjungan Latupono yang bisa memilih RW 09 sebagai tempat untuk menjaring aspirasi warga saat masa reses. Tentu harapannya apa yang disampaikan bisa dapat diperjuangkan dan terpenuhi pada waktunya. Beberapa diantaranya adalah persoalan air bersih, Amdal di perumahan, motor sampah untuk mengangkut sampah, lampu jalan karena sepanjang lorong masih gelap serta jalan setapak maupun perbaikan saluran air. (MR-02)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *