by

Jalani Reses, Robi Nurlatu Sambangi Warga

-Kab.Buru-383 views

NAMLEA, MRNews.- Anggota DPRD Kabupaten Buru Robi Nurlatu menggelar reses tahap II diempat desa dan satu dusun, yakni, desa Waegeren dan dusun Migodo, desa persiapan Wambasalahin, dusun Darlale desa Waepsalit, Kecamatan Lolongguba dan desa Waelo Kecamatan Waealata dimulai sejak Senin lalu.

Walaupun desa dan dusun yang dianggap terjal dan sulit dikunjunginya akibat fasilitas jalan masuk tidak memadai, namun anggota komisi 3 ini mampu bertemu dengan masyarakat adat pegunungan untuk melaksanakan reses sebagai kewajiban seorang wakil rakyat.

Dikatakan, tugas dari anggota DPRD untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat untuk ditindaklanjuti sesuai kebutuhan dan kesejahteraan rakyat.

Mengacu pada UU nomor 23 tahun 2014, tentang Pemerintahan Daerah dan selanjutnya kunjungan kerja tersebut untuk menyerap dan menghimpun aspirasi warga melalu kunjungan kerja secara berkala.

Anggota DPRD dari Partai Nasdem ini tiba di lokasi, disambut warga dengan alunan tifa dan totobuang sekaligus tarian adat yang merupakan budaya adat masyarakat pegunungan setempat.

Permintaan masyarakat adat diantaranya, sanitasi, jalan aspal, peningkatan jalan, penempatan tenaga kesehatan dan tenaga guru.

Sekaligus pembuatan Bronjong di sungai Waegeren, jaringan tower, MCK, sarana olahraga, jalan usaha tani, jembatan, hingga insentif bagi tokoh adat, agama dan tokoh masyarakat.

Warga juga meminta dibuatkan jalan masuk ke Tempat Pemakaman Umum (TPU) termasuk pembangunan pagar Masjid, Gereja dan Rumah Adat termasuk pengadaan ternak sapi, serta anakan cengkeh dan pala.

Selain itu, tokoh adat meminta Nurlatu, agar mendesak Bupati Buru Ramly I. Umasugi dapat menerbitkan Peraturan Daerah (Perda) tentang insentif tiap bulan untuk tokoh adat, agama dan tokoh masyarakat .

“Mereka juga berharap bila usulan dapat di lanjutkan ke lembaga Legilatif dan Eksekutif untuk dapat diagendakan dan direalisasikan ” kata Nurlatu .

Sementara itu Nurlatu kepada wartawan Minggu, (14/6) di Desa Wagernangan mengatakan, permintaan dan usulan masyarakat nantinya akan disampaikan dalam rapat lintas dan rapat komisi bersama pimpinan DPRD dan mitra terkait. (MK-06)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed