by

Jadikan Sampah Mitra, Bukan Musuh

-Kota Ambon-324 views

AMBON,MRNews.com,- Masyarakat kota Ambon diajak untuk memandang sampah bukan sebagai musuh, tapi harus melihat sampah adalah mitra yang dapat dimanfaatkan, digunakan untuk memberikan nilai tambah secara ekonomi. Misalnya lewat bank sampah.

Pasalnya, sampah jika melalui proses penanganan sampai pengurangan bisa dilakukan dengan baik dan mulai memilah-milah maka dampak positifnya besar saat ini dan kedepannya. Maka kesadaran akan hal itu dari masyarakat sangatlah penting. Sebab semua dimulai dari diri sendiri.

“Kalau sampah jadi mitra, maka secara strategis yang ada pada kita uang-uang dan hasilnya akan berdampak besar bagi lingkungan dan masa depan kita sekalian jika dikelola secara baik. Tidak boleh kita lihat sampah sebagai musuh. Tentunya kita akan apriori dan antipati,” pesan Walikota Ambon Richard Louhenapessy saat puncak peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2020.

Kepedulian dan komitmen oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon kata dia, telah ditunjukan lewat kegiatan-kegiatan yaitu Jumat pagi bersihkan lingkungan (Jumpa Berlian). Dimana semakin menunjukkan hasil lebih baik karena ASN Pemkot bekerja dengan hati mereka tanpa melihat lagi status, kedudukan dan jabatan demi kepentingan masa depan rakyat dan masyarakat di kota ini.

Namun juga catatan evaluasinya diakui Walikota, bahwa tingkat partisipasi masyarakat perlu untuk ditingkatkan. Sehingga lewat momentum peringatan HPSN tahun 2020, dicanangkan untuk setiap hari Sabtu seluruh komponen-komponen masyarakat yang ada di RT, RW, desa, negeri, kelurahan melakukan program Sabtu pagi bersihkan lingkungan (Sapa Berlian).

“Kenapa Sabtu, karena pagi itu seluruh kantor off, ASN juga ada ditengah masyarakat. Saya tentu berharap sungguh ASN kota Ambon menjadi pramuka bagi lingkungan dimana dia berada untuk sukseskan Sapa Berlian,” jelasnya sebelum pencanangan Sapa Berlian dibawah Jembatan Merah Putih (JMP) lepas pantai Rumahtiga-Kecamatan Teluk Ambon, Jumat (21/2/2020).

Peranan orang tua, guru dan anak murid juga menurutnya, sangat amat penting. Manakala orang tua harus jadi contoh dan teladan kepada anak-anaknya. Anak-anak murid juga harus bisa mengingatkan orang tuanya kalau sembarangan membuang sampah ditempat yang bukan semestinya.

“Selain juga tokoh-tokoh agama, tokoh masyarakat diharapkan berpartisipasi sebagai contoh dan tauladan,” ungkap Louhenapessy. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed