by

Jadi Warga Kehormatan, Walikota: Baharudin Djafar Lebih Maluku dari Orang Maluku

AMBON,MRNews.com,- Mantan Kapolda Maluku Irjen Pol Baharuddin Djafar resmi dinobatkan sebagai warga kehormatan kota Ambon dalam rapat paripurna istimewa DPRD Kota Ambon, yang dipimpin Ketua DPRD Ely Toisuta dan dihadiri Walikota Ambon Richard Louhenapessy, Rabu (25/11).

Dikesempatan itu, Walikota mengungkapkan,
Irjen Pol. Baharuddin Djafar selama menjadi Kapolda di negeri raja-raja selalu menjaga dan berusaha menjadikan kearifan lokal budaya pela gandong, semangat hidup orang basudara sebagai modal untuk memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat di Maluku khususnya di Ambon.

Menyadari akan hal ini, maka dapat dipahami kalau Latupati Kota Ambon, para Kades, Lurah dan tokoh masyarakat menyurat dan meminta DPRD dan Pemkot Ambon untuk memberi penghargaan kepada yang bersangkutan sebagai warga kehormatan kota Ambon manise.

“Kendati hanya bertugas selama kurang lebih 10 bulan di Maluku, yang dimulai bulan Februari dan mengakhiri di November 2020, namun bagi saya pribadi, beliau telah mendharmabaktikan seluruh jiwa raganya untuk masyarakat di Maluku khususnya di Ambon,” tandas Walikota.

Penganugerahan warga kehormatan Kota Ambon ini bukan sekedar acara seremonial belaka, bukan klise, bukan juga panggung untuk mendapat pujian atau menciptakan jaim sebagai seorang pejabat, tapi ini bentuk apresiasi paling dalam buat mereka yang telah bekerja dengan hati untuk Maluku, untuk Ambon.

“Setiap kesan yang timbul disetiap perjumpaan dengan beliau yang membuat saya sering sampaikan bahwa; “beliau lebih Maluku dari orang Maluku’. Beliau mengerti betul karakter orang Maluku khususnya orang Ambon, lebih paham adat-istiadat orang Maluku khususnya orang Ambon. Beliau tahu cara tepat berkomunikasi dengan orang-orang di Ambon,” ungkapnya.

“Kami dengan bangga menganugerahkan warga kehormatan Kota Ambon kepada bapak, karena pegang satu hal yang pasti; setiap orang yang berbuat baik bagi Maluku, bagi Ambon, orang itu harus ditinggikan oleh anak-anak adat di Maluku khususnya di Ambon. Itu esensi dari nilai budaya kita,” tukasnya.

Usai menerima penghargaan sebagai warga kehormatan kota Ambon, Irjen Pol. Baharudin Djafar mengucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukungnya dalam melaksanakan tugas di Maluku, khususnya di kota Ambon.

“Saya bangga menjadi bagian dari Maluku dan Kota Ambon khususnya meski hanya bertugas singkat. Sekaligus saya mohon diri kepada seluruh warga kota Ambon untuk melaksanakan tugas ditempat yang baru di Mabes Polri,” ujarnya penuh haru. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed