by

Ironis, Peringatan Hari Pattimura di Maluku Tanpa Dihadiri Gubernur & Wagub

AMBON,MRNews.com,- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku memaknai peringatan hari Pahlawan Kapitan Pattimura ke-204, Sabtu (15/5/21) dengan melakukan upacara kehormatan dan renungan suci di Monumen Pattimura Park Kota Ambon.

Ironisnya, momentum “sakral” tiap tahunan tersebut tanpa dihadiri dua petinggi tanah raja-raja, Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno. Keduanya memang beberapa waktu terakhir diketahui publik tak lagi akur.

Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Jeffry Rahawarin pun dipercayakan sebagai Upulatu upacara.

Mengenai ketidakhadiran orang nomor 1 dan 2 Maluku itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kasrul Selang yang coba dikonfirmasi tidak menjawab pertanyaan yang dilontarkan.

Namun mengenai inspektur upacara (Irup) yang kali ini bukan Gubernur atau Wagub, Kasrul mengaku hal itu sudah diatur secara bergiliran antara Gubernur, Pangdam & Kapolda.

“Irupnya (Upulatu upacara-red) bergiliran antara Gubernur, Pangdam, Kapolda,” singkat mantan Kepala Dinas (Kadis) Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PRKP) Maluku.

Sementara Kapitan upacara penghormatan dan renungan suci didapuk kepada Pabandya Jemen Srendam, Letkol Inf Rudolf G. Paulus.

Hari Pahlawan Nasional Kapitan Pattimura ke-204 ini bertema “Dengan Semangat Pattimura, Kita Ciptakan SDM Unggul, Kreatif, Mandiri dan Berprestasi Dalam Memerangi Penyebaran Covid-19 di Provinsi Maluku”.

Kegiatan tersebut diikuti Forkopimda Maluku, pimpinan OPD, perwakilan ASN, TNI dan Polri, Walikota dan Wakil Walikota Ambon, Raja, Lurah dan Kepala Desa.

Pada kesempatan tersebut, Pangdam katakan, walau ditengah Pandemi Covid-19 dan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat, seyogyanya tidak mengurangi esensi peringatan bersejarah hari ini.

Sebab itu, sepatutnya semangat perjuangan dan kepahlawanan Kapitan Pattimura harus diteladani, diwariskan kepada generasi muda sebagai penerus bangsa demi membangun Maluku.

“Pegang teguh janji Kapitan Pattimura bahwa Pattimura tua akan mati namun akan bangkit Pattimura-Pattimura muda untuk lanjutkan perjuangan. Mari sama-sama memajukan Maluku dengan tetap berpedoman pada nilai Siwalima, semangat Lawamena Haulala, potong dikuku rasa didaging, Ain ni Ain,” pesannya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed