by

Indag Jamin Indomaret & Alfamidi Tak Melebihi Kuota

-Kota Ambon-242 views

AMBON,MRNews.com,- Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Indag) Kota Ambon menjamin, pembangunan gerai Indomaret dan Alfamidi di Kota Ambon tidak akan melebihi kuota yang ditentukan atau ditetapkan oleh pemerintah kota (Pemkot) sesuai izin atau rekomendasi yang dikeluarkan.

Dimana untuk Indomaret ditetapkan sebanyak 40 gerai, sedangkan Alfamidi 26 gerai beroperasi pada lima kecamatan. Baru kurang lebih 10 gerai Alfamidi yang operasi. Pasalnya, karena masuk terakhir agak kesulitan memilih lokasi operasional sisanya.

Sekretaris Indag Kota Ambon Yanes Aponno katakan, untuk Indomaret berdasarkan kuota yang memang sudah tetapkan Pemkot sebanyak 40 gerai dan ijin sudah dikeluarkan sesuai jumlah itu. Sedangkan Alfamidi batasnya untuk 26 gerai. Alfamidi baru operasional kurang lebih 10 gerai karena hadir belakangan, sedangkan Indomaret yang sudah banyak operasi karena duluan Alfamidi.

“Indag bukan menjamin lagi, tapi memang tidak boleh melebihi kuota yang sudah dikeluarkan Pemkot. Kalau misalnya melebih kuota otomatis kita khan yang mengeluarkan rekomendasi. Otomatis rekomendasi itu khan tidak mungkin dikeluarkan. Terkecuali mungkin ada aba-aba dari petinggi bisa jadi pertimbangan lain,” ungkap Yanes kepada awak media di Baileo Rakyat DPRD Kota Ambon akhir pekan kemarin.

Namun dirinya memastikan, kalau nantinya mereka (Indomaret dan Alfamidi) membangun lebih gerainya, maka keberadaan yang lebih tidak akan mungkin untuk bisa beroperasi. Karena suatu kegiatan perdagangan itu berdasarkan UU nomor 7 pasal 26 tahun 2006 wajib harus mengantongi SIUP-TDP. “Kalau tidak, bisa dikenakan sanksi yang cukup berat,” tegasnya.

Terpisah, Ketua DPRD Kota Ambon Ely Toisuta kepada media, Senin (13/1) mengaku, pimpinan DPRD sudah menginstruksikan kepada komisi II yang bermitra dengan Indag untuk melakukan on the spot lapangan serta mensinkronisasikan data yang dipunyai oleh Pemkot untuk izin yang dikeluarkan dan fakta lapangan baik Indomaret maupun Alfamidi. Sebab sesuai informasinya, 40 untuk Indomaret dan Alfamidi 26 gerai.

“Kalau kedapatan jumlah tidak sesuai rekomendasi atau izin, kami instruksikan agar Pemkot melakukan penutupan terhadap gerai-gerai yang tidak sesuai izin atau masih lebih kuota. Baik Indomaret maupun Alfamidi, itu tegas mesti diambil tindakan jika tidak sesuai. Semua aspirasi HMI yang jadi bagian dari masyarakat, akan menjadi catatan kita untuk evaluasi kerja-kerja Pemkot kedepan,” ujarnya usai menerima aspirasi HMI Cabang Ambon. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed