by

Indag Akui Stok Bawang Bombai Kosong

AMBON,MRNews.com,- Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ambon mengakui, stok bawang bombai di Kota Ambon sementara kosong. Kekosongan terjadi karena sentra produksinya bukan di Kota Ambon tapi ada di pulau Jawa.

“Soal bawang bombai itu khan dia dari luar. Tapi memang kosong stoknya,” jelas Kadis Perindag Kota Ambon Pieter Leuwol kepada awak media di Baileo Rakyat Belakang Soya usai rapat bersama komisi II DPRD, Rabu (18/3/2020).

Memang diakui Leuwol, faktor lain karena memang bawang bombai tidak terlalu trend dibandingkan dengan bawang jenis lainnya seperti bawang putih atau merah. Pihaknya pun sementara upayakan agar stok itu bisa terpenuhi.

“Katong ada upayakan supaya kalau pedagang yang khusus untuk mengirim bawang bombai dari luar kita akan upayakan supaya dia bisa terpenuhi,” tegasnya.

Dia menepis tudingan kosongnya stok bawang bombai karena penimbunan oleh pihak tertentu. Dan karena faktor mewabahnya virus corona di Indonesia.

“Bawang bombai ini tidak ada istilah penimbunan. Tergantung stok saja. Kalau memang stok disana kosong, dia tidak bisa pasok kesini. Karena memang sentra produksi bukan di Ambon. Jadi jangan berindikasi ada penimbunan, tidak,” tukas Leuwol.

Ketua Komisi II DPRD Kota Ambon Jafry Taihutu mengaku, pihaknya akan melakukan on the spot besok guna memastikan informasi dari Indag dan distributor tentang stok gula dan bawang bombai dipasaran yang kosong sesuai fakta lapangan. “Jangan sampai yang enak saja, tapi dilapangan berbeda 180 derajat,” jelasnya di DPRD. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed