by

Inaugurasi 2019 SOSEK Diisi Pentas Seni & Talkshow

-Pendidikan-107 views

AMBON,MRNews.com,- Proses Inaugurasi angkatan 2019 Jurusan Sosial Ekonomi (SOSEK) Pertanian Program Studi (Prodi) Agribisnis & Prodi Penyuluhan Fakultas Pertanian Universitas Pattimura (Unpatti) diisi dengan acara talkshow dan pentas seni oleh para mahasiswa di beberapa angkatan. Inaugurasi itu pun dikemas berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya yang lebih banyak menghabiskan waktu dengan refreshing di pantai.

Talkshow menghadirkan duta generasi berencana (Genre) provinsi Maluku jalur masyarakat tahun 2018, Sheila Paksoal yang juga mahasiswa aktif Prodi Agribisnis dan Maris Hetharia sebagai Ketua Koalisi Kependudukan Provinsi Maluku sekaligus mantan Dosen Prodi Agribisnis di depan lab tanah jurusan Sosek Prodi Agribisnis, Sabtu (14/12/19).

Keduanya membicarakan topik tentang Pusat Informasi Konseling Mahasiswa (PIKM), remaja produktif dan bonus demografi. Hadirnya PIKM di jurusan Sosek sangat penting, karena selama ini belum ada padahal sudah terencana sejak dulu. Sekaligus menjadi embrio PIKM di kampus Hotumesse.

Singkatnya, Sheila mengaku, kaum remaja serta mahasiswa lewat PIKM bisa saling bertukar informasi dengan teman sebayanya tentang masa transisi remaja, triad KRR, pendewasaan usia perkawinan, 8 fungsi keluarga, life skill dan informasi menarik lainnya seputar kehidupan remaja dan mahasiswa agar menjauhi seks bebas, penyalahgunaan narkotika, pernikahan dini dan tindakan-tindakan negatif lainnya. Semua didesain BKKBN ber-konsep ramah dan kekinian.

Sementara Ketua Jurusan Sosek Pertanian Martha Turukay menyatakan, Inaugurasi jadi bagian dari kegiatan dimana civitas jurusan khususnya menyambut dan menerima mahasiswa baru menjadi bagian dari kehidupan keluarga besar jurusan Sosek Pertanian Prodi Agribisnis dan Prodi Penyuluhan. Yang dikemas dalam bentuk pentas seni (Pensi) bertemakan Selaksa Makna Dalam Karya.

“Ini pertama kali kita kemas Inaugurasi dalam bentuk Pensi tujuannya agar anak-anak digali potensi yang dimiliki untuk dikembangkan dalam mendukung program Ambon kota musik dunia oleh pemerintah kota serta talkshow. Setiap tahun memang kita lakukan Inaugurasi. Awalnya dominan dalam bentuk kegiatan kemahasiswaan di pantai. Kali ini dirubah. Kita lebih memboboti selain Pensi tapi juga ada pembentukan karakter,” jelas Turukay.

Inaugurasi pun lanjutnya, jadi momentum merencanakan pemmbentukan PIKM di Unpatti yang dimulai dari jurusan Sosek. “Ini juga momen kita membangun silaturahmi diantara dosen dan mahasiswa, juga sesama mahasiswa. Serta mereka harus merasakan bahwa mereka adalah orang-orang punya potensi dan penting dalam hubungan dengan masa depan. Agar tertanam dalam diri bahwa mereka bisa ada dimana saja dengan persaingan ketat saat ini,” pungkasnya.

Salah satu Dosen Sosek Whilma Parera mengaku, Inaugurasi angkatan 2019 yang dikemas berbeda ini akan menjadi standar. Bila bagus, maka tentu akan dievaluasi dan diperbaiki agar tahun depan harus lebih baik dan bagus lagi. Apalagi ikatan alumni Sosek sangat kuat dan kontribusinya jelas bagi proses Inaugurasi ini. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed