by

Ikan Tuna & Layang Asal Ambon Paling Diminati China & Jepang

-Kota Ambon-65 views

AMBON,MRNews.com,- Kepala Dinas Perikanan Kota Ambon Steven Patty mengaku, jenis ikan di Kota Ambon saat ini yang paling banyak diminati pasar luar negeri khususnya China dan Jepang yaitu ikan tuna.

“Sebelumnya tidak dapat diekspor karena akses keluar masuk ditutup tapi sekarang sudah mulai karena sudah dibuka. Masih dieksport itu ikan tuna,” ungkap Steve kepada awak media di Balaikota Ambon, Kamis (5/11).

Selain ikan tuna, tambahnya, ikan layang juga saat ini sedang dilirik Cina, sehingga kota Ambon termasuk salah satu kota yang mengekspor ikan layang ke Cina. Namun dari informasi yang didapati, masih sementara persiapan untuk eksport ikan layang.

Soal kapan akan mulai diekspor, dia mengaku akan disesuaikan dengan permintaan. Namun untuk saat ini Jepang dan Cina menjadi negara dengan permintaan terbanyak.

“Ekspor ikan sudah dimulai lagi, setelah sempat mandek karena Covid-19 yang menghantam Kota Ambon, bahkan seluruh dunia,” jelasnya.

Hal itu sambungnya, membuat permintaan ikan ke luar negeri mulai banyak karena akses keluar masuk sudah mulai dibuka meski belum normal seperti sebelumnya. Tinggal mulai ekspor ke luar negeri maupun regional, sudah bisa berjalan.

“Volume permintaan dari pemesan sudah mulai meningkat, yang menandakan permintaan pasar segera menuju normal sama seperti sebelum musim pandemik. Kebetulan cuaca, musim juga mendukung sehingga ketersediaan stok ikan ada lumayan,” kunci Steve. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed