by

Idul Fitri, Pejabat & ASN Kota Ambon Dilarang “Open House”

AMBON,MRNews.com,- Ketika lebaran Idul Fitri 1442/Hijriah Mei mendatang, Walikota Ambon Richard Louhenapessy menegaskan pejabat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, dilarang menggelar acara “open house”.

“Pejabat dan ASN Pemkot Ambon, harus menjadi contoh bagi masyarakat, untuk tidak menggelar open house,” ungkap Walikota di Ambon, Jumat (30/4).

Selain tegas melarang open house, kata Louhenapessy, Pemkot juga meniadakan mudik Idul Fitri bagi ASN. Kedua larangan ini merupakan komitmen Pemkot Ambon dalam memberantas penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), di Ibukota Provinsi Maluku itu.

“Jika kita lengah dan lalai dalam penanganan corona di Kota Ambon, sudah barang tentu hal itu dapat berdampak besar bagi kita sendiri. Semoga dalam kondisi sulit ini, kita bisa lewati bulan puasa dengan penuh kebahagiaan hingga hari kemenangan,” harap Walikota.

Lebih lanjut, Richard mengaku, kebijakan yang akan diambil sesegera mungkin terkait larangan open house itu, sebagai bentuk implementasi atas perintah Presiden Indonesia, Joko Widodo.

“Dalam rapat koordinasi dengan seluruh kepala daerah dengan bapak Presiden (Rabu 28/4), bapak Presiden tekankan betul pentingnya antisipasi kita terhadap Covid-19 , makanya kita harus ambil kebijakan ini,” ujar politisi senior Golkar itu.

Sebabnya, pemerintah baik pusat hingga daerah kata dia, menyarankan lewat edaran agar silaturahmi lebaran Idul Fitri dapat dilakukan secara virtual. Meski virtual, tidak menghilangkan makna Idul Fitri.

Lebih jauh tambahnya, berkaca dari beberapa negara besar seperti di Brazil, India dan Turki, mengalami pelonjakan kasus yang tidak bisa dikendalikan.

Sehingga penting kesadaran dan kepatuhan masyarakat serta semua elemen menjalankan semua yang telah diatur demi keselamatan bersama.

“Makanya bapak Presiden perintahkan agar kita didaerah selalu antisipasi hal ini. Dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19, Pemkot tidak boleh sedikitpun lengah, untuk terus menekan angka terkonfirmasi positif corona,” pungkas Richard. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed