HUT Bhayangkara, Polri Harapkan Tukin Naik 100 Persen

AMBON,MRNews.com,- Polres Pulau Ambon dan Pp Lease merayakan Hari Bhayangkara ke-73 tahun 2019 dengan melakukan upacara di Lapangan Merdeka, Ambon, Rabu (10/7/19) yang dipimpin Kapolres, AKBP Sutrisno Hadi Santoso selaku inspektur upacara, dengan komandan upacara Kapolsek Saparua AKP Rony Ferdy. HUT mengusung tema tema “Dengan Semangat Promoter, Pengabdian Polri Untuk Masyarakat, Bangsa dan Negara. Sejumlah personil berprestasi mendapat penghargaan serta purnawirawan dan Warakauri juga diberi tali asih dari Kapolres.

Dalam sambutan Kapolri Jendral Polisi Tito Karnavian yang dibacakan Kapolres, mengharapkan agar tunjangan kinerja (Tukin) anggota TNI dan Polri di masa kepemimpinan lima tahun kedepan Presiden Joko Widodo dan Wapres Maruf Amin dapat meningkat menjadi 100 persen. Karena memang, Tukin baru naik 70 persen dan terlaksana selama setahun ini, mulai tanggal 1 Juli 2018 lalu. Hal tersebut dinilai amat berarti bagi peningkatan kesejahteraan personil Polri dan TNI.

“Selaku Kapolri dan tentunya Panglima TNI memiliki visi yang sama untuk terus menjaga stabilitas Kamtibmas, menuntaskan tahapan Pemilu 2019, hingga momentum pelantikan pada Oktober 2019 mendatang. Juga memelihara stabilitas keamanan dalam negeri pasca pelantikan, sehingga pemerintah dapat melaksanakan program-program pembangunan dengan lancar, guna meningkatkan kesejahteraan rakyat dan pendapatan nasional. Maka tersimpan harapan agar Tukin anggota TNI dan Polri dimasa kepemimpinan 5 tahun kedepan bisa meningkat menjadi 100 persen,” tukas Kapolri yang disambut tepuk tangan seluruh personil TNI/Polri. 

Polri ujar Tito, siap menindaklanjuti instruksi Presiden dan mempedomaninya dalam tugas yaitu meningkatkan kualitas SDM Polri guna menghadapi tantangan tugas yang kompleks dan mendukung terwujudnya Indonesia Emas 2045; mengedepankan strategi perpolisian proaktif dan tindakan humanis dalam mencegah dan menangani berbagai permasalahan sosial di masyarakat. 

Meningkatkan kualitas pelayanan publik yang modern mudah, murah, cepat, konsisten dan berkelanjutan; meningkatkan profesionalisme dalam penegakkan hukum guna mewujudkan transparansi dan berkeadilan; memperkuat kerjasama dengan TNI, K/L, Pemda dan rakyat dalam memelihara keamanan dalam negeri.

Sekretaris Kota Ambon, A.G.Latuheru yang mewakili Walikota pada kesempatan itu katakan, tema HUT Bhayangkara ke-73 sangat penting, dimana hubungan kemitraan yang dilandasi profesionalitas dan semangat tinggi menjadi modal utama mewujudkan masyarakat adil, makmur dan sejahtera.

“Pemerintah akan selalu membutuhkan dukungan Polri untuk menjamin kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat. Peringatan HUT Bhayangkara tentu memotivasi dan menyemangati anggota Polri, khususnya keluarga besar Polres Ambon & Pp Lease untuk mengedepakann cara-cara humanis dalam pelayanan masyarakat. Ini momentum untuk memberikan yang terbaik, bagi Indonesia sejahtera, mandiri dan berkeadilan,” tukas Latuheru.

Termasuk pemberian hadiah kepada para pemenang lomba dalam rangka hari Bhayangkara ke- 73 yaitu lomba Bhabinkamtibmas dimenangi Bhabinkamtibmas Negeri Urimessing, Polsek Nusaniwe juara I, Bhabinkamtibmas Negeri Ureng, Polsek Leihitu juara II dan Bhabinkamtibmas Batu Gajah, Polsek Sirimau juara III. Lomba Polsek sebagai Basis Deteksi Dini diraih Polsek KPYS juara I, Polsek Nusaniwe juara II dan Polsek Baguala juara III serta lomba kebersihan Polsek diraih Polsek Leihibar juara I, Polsek Nusaniwe juara II dan Polsek Salahutu juara III.

Turut hadir dalam upacara tersebut Dandim 1504 Pulau Ambon Letkol Inf. Fendri Novyanti Raminta, Kepala Kejaksaan Negeri Ambon, Ketua Pengadilan Negeri Ambon, pimpinan OPD Pemkot Ambon, para PJU Polres Ambon, para Kapolsek Jajaran Polres Ambon, Ibu-Ibu Bhayangkari Pengurus Cabang Polres Ambon serta jajaran Polres Ambon, Ibu-Ibu Persit Kodim 1504 Ambon, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat dan warga kota Ambon kurang lebih 200 orang. (MR-02)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *