Hujan Guyur Ambon, Longsor & Pohon Tumbang di 13 Titik

AMBON,MRNews.com,- Dua hari terakhir ini di saat merayakan Idul Fitri 1440 Hijriah, Kota Ambon digujur hujan lebat yang mengakibatkan banjir, longsor dan pohon tumbang di 13 titik. Tak hanya di Ambon, hujan pun menimbulkan jalan dan jembatan di beberapa kabupaten/kota ambruk.

Sekretaris BPBD Kota Ambon, Eva Tuhumury mengatakan, di kota Ambon untuk longsor ada di lima (5) titik, yaitu Kopertis, Mangga Dua, Batu Meja, Kebun Cengkeh dan Wailela-Rumahtiga. Sementara pohon tambang berada pada 8 titik diantaranya Skip (air kaki setan), Karang Panjang, Batu Gantung, Mangga Dua, BTN Kanawa, Halong Tanah Merah, Batu Meja, jalan raya Poka-Tawiri.

Dirincikan Tuhumury, untuk kelurahan Batu Meja ada tiga (3) kepala keluarga (KK) dan 20 jiwa terdampak longsor. Sedangkan akibat pohon tumbang, tiga rumah terancam. Di Negeri Soya, Kopertis dan Kayu Tiga, dua rumah terancam longsor. Sementara di Wailela, Rumahtiga, satu rumah rusak total terdampak untuk dua KK, 10 jiwa.

“Kelurahan Mangga Dua yang longsor rumpun bambu, sudah dibersihkan. Kalau untuk longsor di Wailela, sudah diberi bantuan makanan oleh dinas sosial kota Ambon sedangkan logistik dari BPBD kota Ambon. Untuk mengurangi bidang gelincir longsor, sudah diberi bantuan terpal. Dan penanganan pohon tumbang, dikoordinasikan untuk penanganan secara bersama dengan dinas pemadam kebakaran dan peyelamatan kota Ambon agar dilakukan pemangkasan,” tukasnya kepada media ini via WhatsApp, Kamis (6/6/19).

Dengan potensi hujan meningkat dan cuaca ekstrim di wilayah kota Ambon dan sekitarnya, BPBD sebut Tuhumury, menghimbau kepada masyarakat yang bermukim di lereng gunung, bantaran sungai dan daerah rawan longsor agar tetap berhati-hati dan waspada.

“Segera ungsikan diri ke tempat aman sementara waktu hingga cuaca normal dan diharapkan masyarakat yang tahu, kena longsor, banjir, pohon tumbang agar bisa secepatnya melapor ke posko BPBD kota Ambon, RT/RW, lurah, camat setempat guna ditangani,” ungkapnya. (MR-02)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *