HMN 2019, Walikota Harapkan Musisi Maluku Terus Eksis
AMBON,MRNews.com,- Hari Musik Nasional (HMN) tahun 2019 yang diperingati tiap tanggal 9 Maret, dirayakan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Persatuan Artis, Penyanyi dan Pencipta Lagu Republik Indonesia (PAPPRI) Provinsi Maluku dengan menggelar panggung hiburan hadirkan sejumlah artis, penyanyi dan pencipta lagu Maluku di Pattimura Park, Sabtu (9/3/19) malam. Hujan lebat pun turut menyambut perayaan HMN 2019.
Walikota Ambon, Richard Louhenapessy yang membukan kegiatan tersebut pun mengharapkan perayaan HMN 2019 dengan panggung hiburan ini menjadi momentum bagi musisi Ambon, Maluku untuk terus menunjukkan eksistensinya di panggung musik lokal maupun nasional, menghasilkan karya-karya musik yang orisinil dan bisa mendapatkan tempat di hati masyarakat.
“Bertepatan dengan HMN, hujan turun. Kita bersyukur. Karena bukan saja musisi yang nikmati HMN, tapi alam juga bersukacita. Saya bahagia, para musisi di Ambon dapat rayakan kembali HMN tahun ini. Semoga ini jadi momentum bagi para musisi Ambon, Maluku untuk terus eksis di panggung hiburan lokal dan nasional. Karena kita berharap sungguh, orang kenal Ambon dari para musisinya yang selalu eksis,” tukas Walikota.
Pasalnya juga diakui Louhenapessy, Ambon sementara berpacu menuju kota musik dunia oleh UNESCO tahun ini dan pada pertengahan tahun ini, pemerintah kota bersama dengan Badan Ekonomi Kreatif (BeKraf) dan Ambon Music Office (AMO) akan hadiri sidang pleno UNESCO di Paris untuk presentase akhir seluruh kesiapan Ambon menjadi kota musik dunia. Dimana dengan semua yang telah dilakukan hingga kini, perlahan namun pasti musik menjadi jati diri kota Ambon.
“Kita sementara berusaha rubah paradigma bahwa musik dari hobi harus jadi potensi ekonomi kreatif, sebagai sumber pendapatan masyarakat khususnya musisi sekaligus membuka ruang perekrutan sumber daya manusia (SDM). Pemkot berkomitmen beri ruang istimewa bagi musik. Karena musik sudah mendapat tempat di hati masyarakat dan jadi jati diri kita. Pertengahan tahun ini, kita akan ke sidang pleno UNESCO. Semoga di UNESCO dapat mengetuk palu, mengesahkan Ambon sebagai kota musik dunia. Kita harapkan dukungan dan doa semua masyarakat dan para musisi untuk tujuan itu,” harapnya.
Sementara itu, Ketua PAPPRI Maluku, Butje Tomaluweng mengaku, HMN tahun 2019 ini menjadi kebanggan musisi nasional khususnya musisi Maluku dan momentum meningkatkan karya. “Kami berterima kasih karena Pemkot Ambon mendukung kami secara penuh atas kegiatan ini serta memberikan fasilitas Pattimura Park ini. Kami harap pemerintah terus dukung para musisi berkarya,” sebutnya.
Sejumlah musisi yang mengisi panggung hiburan HMN tahun 2019 diantaranya JP Band, Nanala Voice, Jean Christy, Lee Kulalean, Nurul Toisuta, Putri Pasanea dan lainnya. (MR-02)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *