by

Hari ke-18, 1505 Gempa Susulan, Tak Ada Dirasakan Masyarakat

AMBON,MRNews.com,- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Provinsi Maluku mencatat, memasuki hari ke-18 pasca gempa berkekuatan 6,8 SR (6,5 SR) pada 26 September lalu, tidak ada gempa susulan yang dirasakan oleh masyarakat per tanggal 14 Oktober 2019 pukul 00.00 WIT. Meski sebanyak 20 gempa susulan terjadi, sebab skalanya kecil dibawah 3-4 SR.

“Sampai sekarang memang tidak ada laporan dirasakan dari masyarakat. Padahal ada 20 kali gempa susulan terjadi. Karena memang skala gempanya sudah semakin menurun,” ungkap Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Maluku Andi Ashar Rusdin kepada media ini via WhatsApp, Minggu (13/10/19) malam.

Dengan trend gempa susulan yang dirasakan terus turun di dua hari terakhir Andi berharap bisa mencapai titik normal dalam beberapa waktu kedepan. Bahwa memang untuk gempabumi sulit diprediksi datangnya kapan dan dimana. Maka langkah antisipatif serta mitigasi harus terus dilakukan.

“Catatan kami jumlah gempa bumi susulan sudah mencapai 1505 dan dirasakan oleh masyarakat di angka 173. Trend turunnya gempa susulan yang dirasakan masyarakat terlihat pada hari ke 17 dimana meski gempa susulan banyak 58 kali tapi hanya dirasakan 4 kali dan di hari ke 18 sama sekali tidak ada. Itu kabar sangat positif bagi kita semua. Semoga semakin cepat meluruh,” harapnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed