Hardiknas, PT Indonesia Dituntut Berevolusi & Transformasi Digital

AMBON,MRNews.com,- Menyadari semakin tingginya harapan pemerintah dan masyarakat Indonesia kepada perguruan tinggi (PT) dalam memberikan pendidikan kepada generasi penerus bangsa agar kompetitif, kreatif dan inovatif di era disrupsi saat ini, maka PT Indonesia dituntut ikut berevolusi dan didorong kesanggupannya untuk melakukan upaya transformasi digital dalam penyelenggaraan kegiatan tridharma dan pengelolaan PT.

Selain itu, PT juga diharapkan berkontribusi dalam mensolusikan masalah sosial ekonomi bangsa ini. Guna meningkatkan daya saing pendidikan tinggi, PT didorong agar meningkatkan akreditasi institusi menjadi akreditasi unggul (A), lewat peningkatkan jumlah dan mutu penelitian dan publikasi, kerjasama pengembangan penelitian di tingkat nasional dan internasional serta memperbanyak prestasi mahasiswa hingga internasional.

“Upaya itu guna memacu PT masuk dalam jajaran universitas terbaik dunia. Daya saing dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa terus dikembangkan melalui peningkatan literasi pada data, teknologi dan manusia, dalam menghadapi kompleksitas era revolusi industri 4.0 dan society 5.0,” tandas Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI, M. Natsir dalam sambutannya yang dibacakan Gubernur Maluku, Murad Ismail saat upacara hari pendidikan nasional (Hardiknas) di lapangan upacara Unpatti, Kamis (2/5/19).

Kemajuan teknologi tandas Natsir, menandakan majunya pendidikan dan ilmu pengetahuan yang tetap harus memartabatkan manusia dan mensejahterakan manusia serta bangsa Indonesia. Karakter SDM yang kuat disertai mental anti-koruptif menjadi sangat strategis, guna mewujudkan SDM berkualitas disertai etos kerja cerdas.

Merespons kemajuan pendidikan serta ilmu pengetahuan dan teknologi, dirinya mengajak semua pihak manfaatkan dengan bijaksana dan menjadi ruang lahirnya manusia-manusia bermartabat, inovatif dan berkarakter. Karena itu, sebagai insan pendidikan tinggi harus memahami dan mengembangkan teknologi serta terus menciptakan inovasi disertai kemampuan belajar sepanjang hayat (long life education).

“Lewat kemampuan ini, kualitas manusia akan terus terjaga dalam era disrupsi ini. Mari kita sama-sama wujudkan cita-cita luhur bangsa Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur melalui pendidikan tinggi berkualitas yang berorientasi pada pencetakan SDM yang kompetitif, inovatif dan berkarakter. Juga dengan mensinergikan tridharma PT yang didukung efektivitas pentahelix yakni universitas, pemerintah, swasta/industri, masyarakat dan media,” pungkasnya. (MR-02)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *