Hamili Karateka, FPOM Minta PP Inkado Pecat YA

AMBON,MRNews.com.-Wakil Ketua Forum Penyelamat Olahraga Maluku Kamarudin Bolat menyesalkan keterlibatan oknum-oknum tertentu yang sengaja memback-up oknum wasit berlisensi AKF,YA,48, yang telah menghamili karatekanya sendiri IS, 24. Hingga kini usia kandungan IS memasuki lima bulan hasil hubungan asmara terlarangnya dengan YA yang juga Ketua Sabuk Hitam (KSH) Institut Karatedo Indonesia (Inkado) Maluku.

“Saya meminta siapa pun yang tidak punya kapasitas hukum untuk mundur dari persoalan pribadi yang menyeret oknum wasit berinsial YA,’’ desak Bolat kepada media ini, Senin (29/10).

Tentang keterlibatan sersan SP, oknum Polisi Militer yang diduga kuat tidak mengantongi izin resmi Komandan Pomdam XVI/Pattimura membekap YA, Bolat ikut menyesalkannya. ’’Kapasitas hukum SP dalam persoalan pribadi antara YA dan IS itu apa. Apakah ada surat tugas dari Danpomdam. Saya minta SP dan teman-teman wasit karate Maluku yang lain untuk tidak menjadi pahlawan kesiangan dalam perkara amoral yang dilakukan YA,’’ tekan Bolat.

Bolat mengimbau Danpomdam XVI/Pattimura dapat menindak tegas SP yang ikut bermain di air keruh melindungi YA dari perbuatan bejatnya terhadap karatekanya sendiri. ’’Dengan kerendahan hati saya minta Pak Danpomdam dapat meminta klarifikasi SP terkait keterlibatannya melindungi YA yang telah menghamili karatekanya sendiri,’’ imbau Bolat.

Bolat berharap Pengurus Provinsi Forki Maluku, PB Forki, Pengurus Pusat Inkado, dan KONI Maluku dapat menyikapi laporan IS terkait kebejatan yang dilakukan YA kepadanya. ’’Kasus amoral yang dilakukan YA akan menjadi preseden buruk di kemudian hari jika tidak disikapi secara profesional dan bijaksana oleh Pengprov Forki Maluku, PB Forki, PP Inkado dan KONI Maluku,’’ tekan Bolat.

FPOM, tegas Bolat, akan memasukan laporan ke PB Forki, PP Inkado dan KONI Maluku serta menggelar demo jika persoalan amoral yang dilakukan YA tidak dituntaskan secepatnya. ’’Kebetulan saya lagi di Jakarta, dan saya sudah konsultasikan masalah ini dengan oknum-oknum pengurus PB Forki. Dalam waktu dekat, kita akan bersikap lebih jauh untuk mendesak pemecatan YA dari wasit nasional,’’ papar Bolat yang juga Pengurus Pusat Ikatan Mahasiswa Muhamadyah (IMM) itu. (MR-03)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *