by

Gustu Bakal Buka Tempat Tinggal Pasien COVID-19

-Maluku-509 views

AMBON,MRNews.com,- Ketua Harian Gugus Tugas (Gustu) Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Maluku Kasrul Selang memastikan, Gustu kemungkinan besar akan membuka data wilayah atau tempat tinggal pasien COVID-19. Sementara nama pasien, tetap diumumkan inisial.

“Jadi ada tuntutan sebagian orang dalam rangka memotong rantai penyebaran virus ini dan setelah rapat, katong beberapa hari kedepan mungkin akan umumkan wilayahnya/tempat tinggal pasien. Sedangkan nama katong umumkan inisial saja,” ungkapnya kepada awak media di kantor Gubernur.

Sebelumnya diakui Kasrul, Gustu hanya mengungkap inisial, umur, asal kabupaten/kota, demi menghargai privasi tiap pasien. Namun banyak pendapat para ahli komunikasi bahwa menyebutkan wilayah tempat tinggal juga bagian dari keterbukaan supaya masyarakat tahu dan mawas diri.

“Misalnya katong di Ambon wilayah A ini sudah berat, wilayah B bagaimana. Berarti katong punya kewaspadaan harus tinggi dengan rajin pakai masker, jaga jarak dan seterusnya. Mudah-mudahan langkah ini didukung,” tukasnya, Jumat (15/5).

Dirinya berharap, ketika diumumkannya wilayah tempat tinggal pasien, bisa hadirkan edukasi dan kewaspadaan kepada masyarakat untuk ikut protokol kesehatan. Sekaligus menghilangkan stigma negatif masyarakat tentang Corona yang bukanlah aib, tapi virus yang bisa sembuh.

“Misalnya istri saya di Kebun Cengkeh. Maka masyarakat disana bisa tahu dan melakukan protap kesehatan yang dianjurkan pemerintah. Sekaligus hilangkan stigma negatif. Semoga direspons baik demi memutus rantai penyebaran. Ini dalam rangka edukasi dan mawas diri, bukan dalam kepentingan yang lain,” tukas dia.

Disinggung apakah langkah Gustu ini tidak terlambat sebab penyebaran COVID-19 di Maluku sudah masif dan masuk cluster komunitas dengan angka 72 kasus terkonfirmasi positif, Kasrul merespons diplomatis.

“Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali,” kuncinya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed