by

Gugus Tugas: Sesuai Uji PCR, Pasien di RST Positif Covid-19

-Maluku-1,766 views

AMBON,MRNews.com,- Sesuai hasil uji polymerase chain reaction (PCR) oleh Laboratorium Kesehatan (Labkes) DKI Jakarta terhadap spesimen milik pasien berusia 74 tahun, warga Kota Ambon yang dirawat di RST dr Latumeten Ambon, dipastikan hasilnya menunjukkan positif Covid-19.

Dengan begitu, tercatat sudah dua kasus positif Covid-19 di Maluku hingga saat ini. Hal tersebut diungkapkan Ketua Harian Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku Kasrul Selang saat dihubungi media ini, Senin (6/4) malam.

“Spesimen pasien 74 tahun yang dirawat di RST Latumeten yang katong kirim ke Jakarta akhir bulan Maret, hasilnya katong sudah terima tadi (kemarin) malam sekitar jam 8. Terkonfirmasi hasilnya positif Covid-19,” ungkap Kasrul.

Dengan demikian, kata dia, antara Rapid test atau tes cepat dengan PCR terhadap yang bersangkutan sama-sama menunjukkan positif. Sehingga terkonfirmasi, maka dinamakan kasus 02. Dimana pasien 01 sudah sudah sembuh dan telah kembali ke daerah asal sejak akhir Maret lalu.

“Kita doakan bersama-sama semoga pasien di RST bisa secara intensif mendapat penanganan medis dan cepat sembuh. Kita doakan juga tenaga medis yang menangani yang bersangkutan agar tetap dijaga dan diberikan kekuatan agar tetap sehat,”

Tak lupa dirinya mengimbau kepada masyarakat untuk tidak panik dan terus mengikuti anjuran pemerintah untuk menjaga jarak, tetap di rumah kecuali ada urusan mendesak, menggunakan masker, dan melakukan karantina mandiri bagi pelaku perjalanan atau mereka yang berpotensi terpapar Covid-19.

“Saya ingatkan katong samua untuk tidak membuat stigma kepada pasien ini dan tidak diskriminasi. Mari kita dukung pasien ini dengan cara memberikan informasi yang benar, misalnya saat sebelum dirawat di rumah sakit, dia pernah melakukan kontak dengan siapa saja. Sebab semenjak kasus 02 dinyatakan positif sesuai hasil Rapid Test, Gugus Tugas Kota Ambon melakukan tracking,” pesannya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed