by

Gugatan SMART Ditolak, HEBO: Kemenangan Ini Anugerah Tuhan

JAKARTA,MRNews.com,- Mahkamah Konstitusi (MK) RI menolak gugatan yang dilayangkan pasangan calon bupati-wakil bupati Kabupaten Manokwari nomor urut 1 Sius Dowanisaba-Mozes Rudy Timisela atau dengan akronim SMART.

Artinya, lawan SMART yaitu pasangan calon nomor urut 2 Hermus Indou-Edy Budoyo (HEBO) sebagai peraih suara terbanyak dengan 60.630 suara, selisih 14.614 suara atau 13,7 persen dengan SMART 46.016 suara siap ditetapkan KPU Manokwari dan dilantik sebagai kepala daerah nantinya.

Dalam pengucapan putusan oleh ketua MK Anwar Usman pada sidang pleno MK dari ruang sidang utama, diikuti oleh pemohon, termohon dan pihak terkait secara virtual, Rabu (17/2), majelis didalam pokok permohonan menyatakan permohonan pemohon dinyatakan tidak dapat diterima.

“Menjatuhkan putusan, dalam eksepsi menyatakan eksepsi termohon dan pihak terkait mengenai kedudukan hukum pemohon beralasan menurut hukum. Dalam pokok permohonan menyatakan permohonan pemohon dinyatakan tidak dapat diterima,” ucap Anwar yang diakhiri pengetukan palu tiga kali.

Sebelumnya, berdasarkan jadwal persidangan di MK, putusan atas sengketa Pilkada Kabupaten Manokwari masuk dalam persidangan sesi kedua bersamaan dengan sengketa Pilkada Tangerang Selatan, Luwu Timur, Wakatobi, Mamuju, Barru, Halmahera Barat, Halmahera Selatan, Tangerang Selatan, Asmat, Fakfak dan Kaimana.

Usai putusan, calon Bupati Manokwari Hermus Indou mengaku pihaknya bersyukur bahwasanya kemenangan yang dicapai pada Pilkada 9 Desember 2020 lalu hingga menghadapi gugatan ke MK itu bersifat final dan murni anugerah Tuhan.

“Kemenangan itu sudah ketetapan Tuhan. Semuanya bukan karena gagah dan perkasa kita, tapi ini atas cinta dan anugerah Tuhan. Dia memberi, maka kita bisa terimanya. Kemenangan ini kita persembahkan bagi rakyat Manokwari. Kami terima kemenangan ini dengan sukacita dan kerendahan hati,” ucapnya di Luminor Hotel Jakarta, Rabu sore.

Pasca putusan ini, Hermus tegaskan, tidak ada lagi perbedaan diantara HEBO dan SMART, semua sudah berakhir. Dirinya memuji, Sius-Rudy adalah figur potensial dan jadi kontestan terbaik di Pilkada.

Maka baik politisi PAN dan Golkar itu tidak boleh putus asa sebab pertarungan kemarin jadi investasi untuk menjadi pemimpin suatu saat.

“Kepada rakyat Manokwari, tetap menjaga ketertiban dan keamanan Manokwari tercinta. Kita wujudkan Manokwari yang aman dan damai pasca Pilkada. Tidak ada lagi 01 dan 02, hanya ada Bupati-Wabup Manokwari dan kita ada untuk seluruh rakyat tanpa dikotomi, tanpa perbedaan suku, agama, ras dan kepentingan politik,” ajaknya.

Ketua tim hukum HEBO Jimmy Ell menambahkan, pengalamannya dari 2011 sudah berperkara di MK, sehingga ketika perkara sengketa Pilkada Manokwari diajukan ke MK, dirinya sedari awal sudah optimis bahwa pasal 158 akan dipatahkan MK.

“Semua yang kita perjuangkan tidak sia-sia, dan terbukti hari ini, bahwa eksepsi yang kita ajukan terkait kewenangan MK dan batasan 2 persen yang diamanatkan dalam UU hari ini telah terbukti. Sehingga kedepan menjadi pelajaran bagi siapapun calon kepala daerah yang ingin berperkara di MK,” urainya.

Sementara, calon wakil Bupati Manokwari nomor urut 01 Mozes Rudi Timisela secara gagah dan besar hati pasca MK mengetuk palu mengucapkan selamat bagi pasangan Hermus Indou-Edy Budoyo sebagai Bupati-wakil Bupati Manokwari periode 2021-2024. Ucapan itu mewakili pribadi, keluarga dan pendukung SMART.

“Kepada semua pendukung SMART diseluruh kabupaten Manokwari, mari kita terima semua putusan MK dengan jiwa besar dan pujian bagi Tuhan Yesus sang kepala gerakan. Kita memulai semua gerakan dengan doa maka mari kita akhiri dengan doa syukur bagi Tuhan,” ajak politisi Golkar via media sosial Facebook miliknya.

Pihaknya tambah Rudy, memohon maaf kepada pasangan HEBO jika selama Pilkada ada kesalahan baik sengaja maupun tidak. Diharapkan pendukung SMART terlibat kedepan mendukung dan mensukseskan kepemimpinan Hermus-Edy dengan tetap menjaga Manokwari agar tetap aman dan damai, karena Manokwari adalah rumah bersama. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed