by

Gubernur Minta DPRD Ambon Bangun Sinergi Berkualitas

AMBON,MRNews.com,- Gubernur Maluku Murad Ismail melalui Plt Asisten II Setda Frona Koedoeboen meminta 35 anggota DPRD kota Ambon periode 2019-2024 agar senantiasa membangun sinergi yang berkualitas bersama pemerintah kota (Pemkot) demi mewujudkan kemajuan daerah dan kesejahteraan rakyat kota Ambon.

Permintaan itu penting diwujudkan karena DPRD dan Pemkot bukan lagi sebatas mitra strategis tetapi keduanya adalah sama-sama selaku penyelenggara pemerintahan di daerah yang mesti berjalan beriringan, saling menopang tugas masing-masing sehingga apa yang cita-citakan bagi Ambon harmonis, sejahtera dan religius dapat terwujud. 

“Pemerintah provinsi mengapresiasi kegiatan orientasi dan pendalaman tugas DPRD kota Ambon selama tiga hari ini. Sebab kegiatan ini sangat penting dan strategis dalam menunjang kerja dewan serta implementasi Tupoksi DPRD bahkan dalam meningkatkan wawasan kebangsaan dan cinta tanah air. Maka setelah ini, saya minta anggota DPRD bangun sinergitas yang berkualitas bersama pemerintah demi kemaslahatan rakyat tercinta,” pintanya saat menutup orientasi DPRD kota Ambon di Manise Hotel, Rabu (20/11/19).

Selain itu, dirinya juga berharap agar DPRD kota Ambon juga membangun sinergitas bersama dengan semua komponen lainnya dalam rangka kolaborasi, sinkronisasi berbagai kebijakan bagi kepentingan daerah. Termasuk dengan pemerintah provinsi guna percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan lewat implementasi visi misi selama lima tahun.

“Bersama Pemkot, sama-sama membantu pemerintah provinsi yang berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat lewat pengentasan kemiskinan dan menjaga sumber daya alam. Sebab pemerintah tidak bisa kerja sendiri, tanpa dukungan DPRD yang menjalankan fungsi pengawasan, anggaran dan legislasi,” harapnya.

Ketua DPRD kota Ambon Ely Toisuta merespons positif permintaan itu. Sebab selama perjalanan DPRD periode 2014-2019 dan periode 2019-2024 ini meski masih awal, tetapi upaya sinergi berkualitas bersama Pemkot tetap berjalan baik melalui Tupoksi DPRD, anggaran, pengawasan dan legislasi. Sinergi itu pun terlihat dalam rangka mengarahkan pemerintah pada berbagai aspek melalui kritik konstruktif demi kepentingan rakyat.

“Catatan pa Gubernur akan menjadi perhatian kita. Karenanya, orientasi tugas sangat penting bagi kita selama lima tahun. Sebab materi-materinya jadi penuntun, bekal dan muatan dalam implementasi Tupoksi DPRD, maupun dalam membangun kemitraan bersama Pemkot guna mensinergikan kebijakan dan program pemerintah yang bertujuan bagi pembangunan, kemajuan kota dan kesejahteraan rakyat,” demikian politisi Golkar itu. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed