Gowes Nusantara di Ambon, Tonggak Kebangkitan Olahraga Indonesia

AMBON,MRNews.com,- Kota Ambon terpilih untuk ketiga kalinya menjadi tuan rumah pelaksanaan Gowes Nusantara oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Sabtu (24/8/19). Gowes nusantara yang mengambil start dari jalan A.Y.Patty mengitari kota Ambon dan kembali finish di jalan A.Y.Patty pun dinilai sebagai tonggak kebangkitan olahraga di Indonesia.

Sekretaris Deputi III Pembudayaan Olahraga Kemenpora Suryati pun berterima kasih kepada pemerintah kota (Pemkot) Ambon khususnya yang telah menyelenggarakan even ini dengan begitu meriahnya, apalagi sudah yang ketiga kalinya, dengan semakin tahun semakin bertambah peserta. Ini artinya komitmen pemerintah daerah guna memajukan olahraga, mensehatkan, membugarkan masyarakat semakin bagus.

“Perlu juga kami sampaikan, pada kesempatan kali ini menjelang Haornas pada tanggal 9 September nanti, even ini adalah tonggak kebangkitan olahraga di Indonesia. Melalui Pemkot Ambon yang sudah luar biasa, tidak hanya gowesnya tapi efek sampingnya juga ada senam, ada gerakan-gerakan lainnya yang begitu meriah,” tukas Suryati.

Selain jadi tonggak kebangkitan olahraga di Indonesia, Gowes Nusantara sebut Suryati juga penting guna menjalin rasa persatuan dan kesatuan, menumbuhkan rasa patriotisme, membela negara dalam kancah internasional tentunya hanya satu yaitu Indonesia, Garuda di dadaku. “Even seperti ini pula efek ekonomi berdampak. Ekonomi masyarakat dengan penjualan kaos, sepatu, asesoris bahkan sepeda. Juga menjadi moment kebangkitan industri olahraga nasional,” bebernya.

Sementara, Walikota Ambon Richard Louhenapessy katakan, dari jumlah peserta yang mendaftar mencapai 1200 peserta memberikan indikasi kuat bahwa program ini semakin merakyat, bisa diterima dan dipahami rakyat kota Ambon. Sebab kegiatan ini pertama, berdimensi hiburan buat masyarakat, kedua aspek sehat lewat olahraga dan ketiga aspek aktratif bahkan memberikan juga sosialisasi publikasi ditengah-tengah bangsa yang kadang-kadang tegang. Ini penting sekali untuk mencairkan suasana-suasana seperti ini, sisi lain juga ini dampak ekonomi besar buat masyarakat.

“Kali ini jumlahnya meningkat luar biasa, 1200 peserta. Kegiatan ini dampak ekonomi juga besar buat masyarakat disini, apakah itu kuliner-kuliner, pedagang-pedagang kaki lima juga semuanya menerima manfaat. Tapi yang paling utama adalah seluruh ini berharap bermuara pada konsolidasi sosial masyarakat. Pemkot dan masyarakat Ambon berterima kasih kepada pemerintah pusat dalam hal ini Kemenpora karena untuk ketiga kalinya percayakan Ambon jadi tuan rumah. Maka saya sampaikan salam dari masyarakat Ambon kepada bapak menteri, beserta seluruh jajaran,” papar walikota.

Sejalan dengan event olahraga ini tambah Louhenapessy, sementara Pemkot kembangkan sebuah senam rakyat yang paling populer di kota Ambon yakni lomba goyang kaka Enda. “Goyang kaka Enda ini kemarin kurang lebih diikuti 3000 orang pada 311 regu. Selain itu, hampir 5000 orang kemarin ikut-ikut kegiatan joging dalam rangka memeriahkan HUT RI, HUT provinsi maupun HUT kota Ambon. Artinya orang semakin sadar bagaimana pentingnya berolahraga,” akhirinya. (MR-02)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *