Golkar Siap Bersaing di Kursi Wabup MBD

AMBON,MRNews.com,- Sebagai salah satu partai pengusung Barnabas Orno-Benyamin Thomas Noach pada Pilkada tahun 2016 lalu bersama PDI Perjuangan dan sejumlah partai lainnya, Partai Golkar siap bersaing mengisi kursi wakil bupati (Wabup) Maluku Barat Daya (MBD) sisa masa jabatan 2016-2021 yang kosong, sepeninggal Benyamin Thomas Noach yang dilantik sebagai Bupati MBD. Sejumlah nama pun telah disiapkan partai berlambang pohon beringin itu untuk pada waktunya diusulkan ke DPD I Golkar Provinsi Maluku dan DPRD.

Wakil Ketua Bidang Kaderisasi & Keanggotaan DPD II Golkar Kabupaten MBD, Jefry Rehiraky mengatakan, partai Golkar punya posisi tawar juga untuk Wabup MBD, sama seperti partai pengusung lainnya. Tergantung nanti siapa yang diusung, apalagi pemilihannya nanti di DPRD. Tapi memang sebagai partai besar dan tua, Golkar siap mengusulkan kader terbaiknya untuk dipilih, tentu yang punya kapasitas dan kapabilitas.

“Sama seperti partai lain, Golkar punya posisi tawar yang kuat untuk posisi wakil bupati, tergantung siapa kader Golkar yang diusung nanti. Banyak kader potensial dimiliki Golkar dan tentu pada waktunya siap diusulkan,” tandas Rehiraky kepada media ini via pesan WhatsApp, Jumat (31/5/19).

Bagi mantan Korwil XI PP GMKI itu, keterwakilan wilayah bukan standar utama yang dipakai dalam proses pengusulan dan penggodokan Wabup oleh partai pengusung untuk dipilih DPRD. Sebaliknya kalau itu pemilihan langsung oleh rakyat seperti tahun 2016, mungkin pendekatan itu bagian dari pertimbangan untuk merebut basis perwilayahan, tapi ini pemilihan di DPRD untuk dua tahun tersisa.

Sejumlah nama kader partai Golkar yang bisa saja diusulkan bersanding dengan Noach tambahnya, yakni ketua DPD II Bastian Petrusz dan Sekretaris DPD II Lambert Maupiku. Keduanya merupakan anggota DPRD MBD saat ini. Atau bahkan dirinya sendiri selaku wakil ketua bidang kaderisasi dan keanggotaan yang juga staf ahli fraksi DPRD, bukan tidak mungkin bagian disitu.

“Kalau kemudian nanti ada nama lain diluar itu yang bukan kader atau pengurus partai, sangat tergantung dari upaya dan konsolidasi politik partai. Yang pasti, Golkar siap berkompetisi merebut posisi Wabup,” tegasnya.

Terpisah, Bupati MBD Benyamin Thomas Noach ketika ditanya terkait calon pendampingnya dan kriteria yang diinginkan, menjawab diplomatis. “Itu urusan partai politik pengusung dengan DPRD, bukan saya. Soal kriteria, saya tidak bisa bicara ingin siapa atau tidak, itu perintah Undang-undang,” beber Noach di Ambon, Kamis (29/5/19). (MR-02)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *