by

Gempa Kembali Getarkan Ambon, BMKG: Aktifitas Sesar Lokal

-Kota Ambon-99 views

AMBON,MRNews.com,- Gempabumi tektonik kembali getarkan Wlwilayah Kota Ambon dan sekitarnya Jumat (2/10/20) pukul 18:20:30 WIT.

Hasil analisis BMKG menunjukan gempabumi ini memiliki kekuatan M=3.3. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 3.65 LS dan 128.26 BT, atau tepatnya berlokasi di darat 10 km Timurlaut Ambon pada kedalaman 10 km.

Kepala Stasiun Geofisika Ambon Sunardi mengaku, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar lokal.

“Dampak gempabumi berdasarkan informasi masyarakat dirasakan di Ambon III MMI. Didaerah tersebut, guncangan gempabumi dirasakan banyak orang. Belum ada laporan dampak kerusakan akibat gempa itu. Hasil pemodelan menunjukan gempa ini tidak berpotensi tsunami,” jelasnya ewat rilis yang diterima media ini, Jumat (2/10) malam.

Hingga pukul 19:16 WIT hasil monitoring BMKG menurutnya, belum menunjukan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

“Masyarakat dihimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh isu serta menghindari bangunan retak atau rusak karena gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa, atau tidak ada kerusakan yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke rumah,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed