by

Gempa 7,3SR di Saumlaki Akibat Subsduksi Laut Banda

-Maluku-734 views

AMBON,MRNews.com,- Gempabumi bermagnitudo 7,3 SR dilaut pada kedalaman 97 km dengan jarak 180 km arah Barat Laut Kota Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) Maluku, Rabu (6/5) pukul 22:53:57 WIT akibat adanya subsduksi laut Banda.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi itu merupakan jenis gempabumi menengah akibat adanya aktivitas deformasi batuan pada zona benioff subduksi Laut Banda,” ungkap Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono.

Dikatakan, analisis mekanisme sumber menunjukkan gempabumi memiliki mekanisme sesar naik (Thrust Fault). “Hasil pemodelan, gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,” kata Rahmat dalam rilisnya yang diterima media ini, Rabu (6/5) malam.

Guncangan gempabumi ini kata dia, dirasakan di Saumlaki dengan intensitas III-IV MMI, di Banda, Dobo, Tual, Sorong, Fak-Fak, Kaimana, Tiakur intensitas III MMI, di Merauke, Manokwari, Kupang, Alor, Waingapu dengan intensitas II MMI.

“Hingga kini belum ada laporan dampak kerusakan. Gempa significant kuat dengan kedalaman menengah yang menimbulkan efek guncangan gempa sangat luas. Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan hingga pukul 23.40 WIT,” pungkasnya.

Diketahui, berdasarkan informasi dan hasil pantauan dari BPBD Kabupaten dan Maluku yang didapat, untuk sementara dalam kota Saumlaki aman terkendali. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed