by

Gempa 5.1 SR Miliki Mekanisme Strike Slip

AMBON,MRNews.com,- Gempa bumi berkekuatan 5,1 SR yang terjadi di kota Ambon Selasa (12/11/19) pukul 19.10.42 WIT memiliki mekanisme pergerakan mendatar (Strike Slip). Hal itu berdasarkan hasil analisis mekanisme sumber yang dilakukan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono dalam rilisnya katakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal. Dimana Episenter gempabumi terletak pada koordinat 3.49 LS dan 128.35 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 29 km arah Timur Laut Kota Ambon, Maluku pada kedalaman 10 km.

“Guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Ambon & Kairatu IV MMI (pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah), Liang III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu). Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut,” ujarnya dalam rilis yang didapat, Selasa (12/11).

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini kata Rahmat tidak berpotensi tsunami. Karenanya, kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh isu-isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Hingga hari Selasa, 12 November 2019 pukul 19.59 WIT, hasil analisis BMKG, gempabumi ini masih merupakan bagian dari rangkaian aktivitas gempabumi susulan yang terjadi di Ambon. Tercatat sejak tanggal 26 September 2019 telah terjadi aktivitas gempabumi susulan sebanyak 2140 kejadian termasuk yang terjadi hari ini,” ungkapnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed