Gaet Wisatawan, Pemkot Bebaskan Pajak Sepanjang Mei

AMBON,MRNews.com,- Kejutan menarik di bulan Mei 2019 mendatang. Selain ada event Ambon Extravaganza yang mengusung tema hidden treasure dan beragam acara, tetapi juga Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon bakal membebaskan pajak bagi para wisatawan sepanjang bulan itu. Langkah membebaskan pajak oleh Pemkot ini dengan tujuan untuk menarik kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara agar mengunjungi kota Ambon.

Pasalnya, di tahun 2019 ini banyak event yang akan digelar di Ambon sehingga kemudahan akses bagi wisatawan sangat penting agar ada kenyamanan. Apalagi Ambon sedang gencar menuju kota musik dunia dan perlunya mensosialisasikan upaya itu ke nasional dan mancanegara.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Ambon, Rico Hayat mengatakan, pembebasan pajak dimaksud antara lain pajak pembelian dan hotel. Dimana hal tersebut sudah didiskusikan bersama Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) beberapa waktu lalu dan ada kesepahaman bersama mendorong pertumbuhan ekonomi lewat masifnya kehadiran wisatwan di Ambon.

“PHRI siap memberikan diskon-diskon khusus. Intinya pajak menginap dan makanan di restoran, itu yang kita bebaskan. Semua demi menarik kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara ke kota Ambon,” terangnya.

Ambon Extravaganza sendiri merupakan event budaya dan pariwisata akan dilaksanakan pada 27 April hingga 4 Mei 2019 mendatang. Menurut Presiden Direktur Valdo Grup selaku event organizer AEx, Reza Maspaitella, saat ini Ambon tengah mempersiapkan diri menuju Ambon Going Digital di 2020 dan Visit Ambon 2020. Karenanya, perhelatan ini jadi batu loncatan dan tonggak sejarah dimana transaksi secara cashless atau non-tunai akan terjadi selama Mei 2019.

“Kegiatan ini kami selenggarakan untuk membantu Pemkot dan masyarakat Ambon untuk mengelola sumberdaya yang ada dengan lebih efisien, memberdayakan masyarakat lokal secara digital guna meningkatkan perekonomian dan pendapatan daerah di Kota Ambon, serta mempersiapkan UMKM dan anak muda Ambon dapat bersaing secara nasional maupun global,” terang Reza. (MR-02)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *