FKK Upaya Tingkatkan Kinerja & Minimalisir Masalah ASN

AMBON,MRNews.com,- Forum Komunikasi Kepegawaian (FKK) lingkup pemerintah kota (Pemkot) Ambon sebagai upaya untuk meningkatkan profesionalitas kinerja aparatur sipil negara (ASN) pada lingkup Pemkot Ambon serta meminimalisir masalah kepegawaian terutama berkaitan dengan peraturan pemerintah (PP) nomor 30 tahun 2019 tanggal 26 April 2019 tentang penilaian kinerja ASN dan PP nomor 8 tahun 2019 tanggal 15 Mei 2019 tentang pedoman tata cara dan pelaksanaan pengukuran indeks profesionalitas ASN.

Wakil walikota Ambon Syarif Hadler mengatakan, keberhasilan lewat kinerja aparatur dapat meningkatkan keberhasilan setiap organisasi perangkat daerah (OPD) dalam mendukung visi dan misi Pemkot. Namun dalam pelaksanaanya pengukuran keberhasilan maupun kegagalan pemerintah sulit dilakukan secara objektif karena belum diterapkannya sistem pengukuran kinerja yang dapat menginformasikan tingkat keberhasilan secara objektif dan terukur.

“Untuk mengatasi permasalahan yang ada, perlu dilakukan analisis dan pengukuran kinerja pegawai dan informasi mengenai faktor-faktor apa saja yang berpengaruh terhadap kinerja. Sehingga pengukuran kinerja pegawai hendaknya diterjemahkan sebagai suatu kegiatan evaluasi menilai keberhasilan dan kegagalan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi yang dibebankan kepadanya. Agar analisis kinerja pegawai merupakan analisis interpretasi keberhasilan dan kegagalan pencapaian kinerja dalam pencapaian tujuan OPD,” ujarnya saat membuka FKK di Marina Hotel, Kamis (8/8/19).

Pelayanan publik di era globalisasi ini sebut Hadler, memerlukan respon cepat lembaga penyedia pelayanan publik. Pelayanan dapat berjalan optimal bila didukung kapasitas aparatur yang memadai. Peningkatan kapasitas aparatur memerlukan kriteria standar kompetensi yang diakui global.

“Untuk dapat mencapainya, perlu strategi yang berdampak positif dari sisi pengembangan karir aparatur. Penerapan strategi memerlukan komitmen dan konsistensi berkelanjutan dalam setiap tahapan pengembangan karir aparatur sehingga akan merasa nyaman, diberdayakan dan sejahtera,” beber Hadler.

Berkaitan hal ini, Pemkot Ambon akuinya, menaruh perhatian penting dalam upaya peningkatan kapasitas ASN di tiap OPD agar kedepan dapat meningkatkan jiwa kepemimpinan handal, berwibawa dan berdedikasi. Aparatur  yang memiliki kompetensi inilah yang diinginkan Pemkot lewat kegiatan ini. Diharapkan, semua pejabat eselon II, III dan IV dapat meningkatkan pengetahuan, ketrampilan, sikap perilaku lebih baik dan menciptakan perubahan paradigma maupun komitmen aparatur dalam pemerintahan dan pembangunan khusus pelayanan prima bagi masyarakat.

“Pemkot akan terus memberikan motivasi kepada seluruh ASN untuk terus meningkatkan pelayanan publik, optimalisasi kerja dan peningkatan pendapatan daerah, memiliki dedikasi dan disiplin yang tinggi serta memiliki pemikiran strategis dan inovatif dalam mewujudkan visi misi Pemkot. Kegiatan ini investasi Pemkot yang sangat mahal. Jangan dibenak saudara-saudara pernah beranggapan hanya performa semata,” pesan wawali. (MR-02)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *