FGD Polres Bicara Kamtibmas Jelang Pemilu

AMBON,MRNews.com,- Menjelang perhelatan pemilihan umum (Pemilu) Presiden-Wakil Presiden dan anggota legislatif 17 April 2019 mendatang, Polres Pulau Ambon dan P.p Lease merasa penting mengumpulkan semua stakeholder terkait di Kota Ambon, guna membicarakan tentang keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Hal tersebut dilakukan dengan cara focus group discussion (FGD) bertema kumpul orang basudara bacarita Kamtibmas dan Pemilu 2019 yang aman, tertib dan sajo-sajo yang berlangsung di aula Mapolres Pulau Ambon dan P.p Lease, Rabu (27/2/19). 

Dalam arahan singkatnya, Walikota Ambon, Richard Louhenapessy mengatakan, Kota Ambon adalah kota damai di Indonesia, dan banyak kota di Indonesia menjadikan Ambon sebagai kota percontohan hidup orang basudara yang rukun. Apalagi, 20 tahun lalu kota ini pernah hancur akibat konflik sosial dan banyak orang yang tidak menyangka Ambon bisa bangkit dengan cepat, bergerak maju dan berkembang seperti sekarang.

“Mari kita jaga kota ini yang aman dan damai. Ciptakan keamanan dan ketertiban yang baik. Ambon merupakan kota percontohan di Indonesia sebagai kota dengan toleransi hidup orang basudara paling tinggi. Secara khusus, kita ciptakan harmonisasi supaya pemilu nanti berjalan aman dan tertib. Kita sudah buktikan di Pilwakot dan Pilgub Maluku, bahwa Ambon aman. Kita tunjukan lagi di Pemilu 2019 nanti,” ujar Walikota saat membuka FGD.

Sementara, Kasat Binmas Polres Pulau Ambon dan Pp Lease, AKP Emus Minanlarat menyatakan, FGD ini bertujuan untuk mendiskusikan bersama KPU, Bawaslu, TNI/Polri, Pemda Kota Ambon dan stakeholder lainnya dalam rangka menjaga situasi Kamtibmas menjelang pemilu yang aman tertib, dan damai serta sejuk. “Kita terus tingkatkan kemanan kota yang aman dan tertib. Polri tidak bisa berjalan sendiri untuk mengamankan proses Pemilu. Butuh peran TNI, pemerintah, tokoh agama dan masyarakat,” terangnya.

Untuk diketahui, FGD ini mengikutsertakan para Kapolsek, Danramil, para Camat, pimpinan SKPD, perwakilan Bhabinkamtibmas dan Babinsa, KPU dan Bawaslu kota Ambon serta Maluku Tengah, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh adat, yang jumlahnya sekitar 150 orang. Bertindak sebagai pembicara di FGD, Wakapolres Pulau Ambon dan Pp Lease, Kompol Ferry Mulyana, Dandim 1504 yang diwakili, Mayor Ibrhamin A, Ketua KPU Kota Ambon, Nus Kainama dan anggota Bawaslu Kota Ambon, Daim Baco Rahawarin. (MR-02)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *