by

Festival Nusaniwe, Upaya Mendukung Visit Ambon 2020

-Kota Ambon-482 views

AMBON,MRNews.com,- Festival Nusaniwe 2020 yang digagas oleh pemerintah Negeri Nusaniwe akan dilaksanakan mulai 16-18 Januari. Event yang baru pertama kalinya itu salah satu tujuannya sebagai bentuk dan upaya Negeri Nusaniwe dalam mendukung tahun kunjungan wisata (visit Ambon) 2020.

Penjabat Negeri Nusaniwe Arthur Solsolay mengungkapkan, festival Nusaniwe merupakan inisiatif dari Negeri Nusaniwe yang terakomodir dalam Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD). Ada sejumlah kegiatan menghiasi event itu diantaranya atraksi parahlayang melibatkan tim dari Manado 13 orang dan dua pelatih dari Wonosobo, jumpa tokoh sepakbola, eksebisi sepakbola putri, lomba masak serba ikan dan pancing ikan serta temu anak remaja.

“Konsep kegiatan ini sebagai upaya mendukung tahun kunjungan wisata 2020 di kota Ambon. Negeri Nusaniwe memulainya dengan menggelar Festival Nusaniwe. Juga mendukung Ambon sebagai kota ikan (city of fish) dengan mengangkat tema ikan lewat dua kegiatan, ada unsur olahraga dan religi lewat temu anak remaja,” ungkapnya kepada media ini di Balaikota Ambon, Selasa (14/1/2020).

Selain itu, Festival Nusaniwe lanjutnya, digelar karena Negeri Nusaniwe miliki potensi klub sepakbola yang mampu bersaing dengan klub sepakbola Tulehu dan Batumerah hanya kurang disupport dari sisi dana maupun ekspos. Potensi itu terlihat dari semua level dari SD-SMA. Sehingga legenda sepakbola nasional Maluku Rocky Putiray akan dihadirkan guna membagi pengalaman, membangkitkan semangat anak dan remaja di Negeri Nusaniwe.

“Masyarakat cukup membantu dan mendukung event ini. Lewat bakti massal. Masyarakat kita libatkan juga untuk persiapan di tiga spot utama yakni bukit parahlayang, lapangan bola Airlouw dan sekitar pantai Serri. Selain Rocky, bintang tamu pada Festival Nusaniwe ada Beto Habibu Laki-laki bae, Amboina Bananas, Amboina Ukulele Kids dan lainnya,” bebernya.

Target kedepan lewat event ini tentu sebutnya, Negeri Nusaniwe akan jadi daerah pariwisata dengan wisata bahari (pantai), gunung. Sebab prinsipnya, ketika pariwisata ketika berkembang, maka perekonomian masyarakat akan bergerak dengan sendirinya. Maka akan didorong agar wisatawan ketika ke Ambon dengan tujuan Negeri Nusaniwe.

“Beberapa pihak misalnya Danlanud juga kita libatkan. Beliau mensupport. Maka jika kegiatan sukses, di September nanti rencananya sesuai informasi dari Danlanud akan dibuat event dirgantara nasional di Airlouw. Jelas ini sebagai pintu masuk untuk mengembangkan pariwisata kota Ambon lewat Negeri Nusaniwe. Festival ini bisa kita lakukan lagi di tahun-tahun berikutnya,” tutup Arthur. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed